Home / Pidie

Senin, 13 Desember 2021 - 17:23 WIB

Wabup Pidie Ikuti Penyerahan Sertifikat Tanah Oleh Menteri ATR/BPN Secara Virtual

REDAKSI - Penulis Berita

Penyerahan sertifikat tanah oleh wakil bupati Pidie secara simbolis

Penyerahan sertifikat tanah oleh wakil bupati Pidie secara simbolis

NOA | Sigli – Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, ST mengikuti acara penyerahan sertifikat tanah secara virtual di Kantor BPN Pidie oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil, Senin, (13/12/2021).

Sertifikat tersebut untuk rakyat Provinsi Riau, Aceh dan Sumatera Barat yang diharapkan daoat mengurangi potensi konflik pertanahan.

Menteri ATR/KA. BPN Sofyan A. Djalil mengatakan, sertifikat yang telah dibagikan dapat mengurangi potensi konflik pertanahan.

Baca Juga :  293 dari 2.344 Peserta Ujian SKD CPNSD Pidie Tidak Hadir

Ia menyampaikan, dengan adanya sertifikat para pemilik tanah dapat mengetahui secara jelas dimana letak, batas serta luas tanah yang dimiliki dengan dibuktikan oleh sertifikat tersebut.

Lebih lanjut, Menteri ATR/KA. BPN mengatakan, sertifikat yang telah diterima tersebut merupakan dasar hukum atas hak kepemilikan tanah yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan usaha.

“Sertifikat yang telah diterima ini merupakan surat berharga, yang bisa digunakan untuk jaminan mendapatkan kredit dari lembaga keuangan,” ujar Sofyan.

Baca Juga :  HMI Cabang Sigli Launching Buku Saku Kader

Pada kesempatan itu,Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T, secara virtual menyampaikan, sudah banyak lahan di Aceh yang telah diterbitkan sertifikat.

Hal itu penting untuk mengeluarkan status hukum bagi pemilik tanah, dengan begitu sengketa dan konflik dapat terminimalisir serta dapat membendung praktek mafia tanah.

“Terdapat 72 tanah di Provinsi Aceh yang telah mendapatkn sertifikat, kita berharap di tahun 2022 mendatang, semuanya dapat mendapatkan sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” ungkap Gubernur.

Baca Juga :  Hari ini, Sejumlah Rumah di Padang Tiji Terendam

Gubernur juga menyampaikan, Pemerintah Aceh telah mengalokasikan anggaran untuk menjamin keluarga miskin di Aceh agar mendapatkan legalitas tanah atas kepemilikan asetnya.

Acara penyerahan sertifikat tanah secara virtual dari program PTSL diterima oleh 15 orang dalam Kabupaten Pidie, dan turut disaksikan Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Pidie, Saiful Azhari, SH, MH.(AA)

Share :

Baca Juga

News

Berkah Ramadhan, Ketua Persit KCK Pidie Bagi Bagi Takjil kepada Masyarakat

Pidie

Prihatin, Jalan Rawa-Kampung Baro Pidie Menahun Rusak

News

Kadisdik Aceh Semangati Peserta Tes PPPK

News

Siltap Perangkat Dipangkas, HMI : Pemerintah Pidie jangan zalim

Pidie

Dandim Pidie Hadiri Upacara Pembukaan Diklat Integrasi TNI -Polri

News

Pengurus DLM Unigha Resmi Dilantik, Ini Harapan Rektor

Pidie

Golkar Aceh Salurkan 58 Ton Pupuk Gratis bagi Petani Pidie, Ini Kata Nurlif !

Pidie

Pendataan Mobil Penumpang Di Terminal Tipe B Sigli