Hasilnya, sebanyak 77% konsumen di Indonesia mengaku Shopee sebagai merek yang paling diingat atau menjadi Top of Mind saat ingin berbelanja kebutuhan keluarga maupun individu selama persiapan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri.
Posisi Shopee diikuti Tokopedia dengan 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen adalah Bukalapak, Blibli dan JD.ID
Baca juga: Menteri Teten Sebut Produk UMKM Harus Banjiri Ecommerce Dalam Negeri
“Di bulan suci Ramadhan, situs belanja online semakin diminati dan menarik perhatian masyarakat. Di antara tiga pemain e-commerce, Shopee terlihat paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program yang dihadirkan, seperti iklan, acara TV, live stream, video, promo, dan kolaborasi lainnya,” kata Direktur Snapcart Indonesia Astrid Wiliandry di Jakarta, baru-baru ini.
Dia menambahkan, berbagai aktivitas yang dilakukan e-commerce yang identik dengan warna orange ini menjadi salah satu alasan kuat sehingga Shopee unggul dalam penilaian merek yang paling diingat selama bulan Ramadhan dengan presentase yang cukup signifikan.
Diketahui, momen Ramadhan merupakan bulan di mana minat belanja masyarakat online meningkat signifikan. Maraknya kemeriahan serta antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam berbelanja online terlihat sejak menjelang Ramadhan hingga Hari Raya Lebaran.
Snapcart melakukan riset tersebut untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir yang didalamnya meliputi bulan Ramadhan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1.000 responden dengan rentang usia 20-35 tahun dan tersebar di berbagai area di Indonesia.
Baca juga: Mudahnya Jualan Online Tanpa Ribet