Home / Disbudpar Aceh

Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:33 WIB

Secara Virtual, 176 Jenis Senjata Akan Dipamerkan di Museum Aceh

REDAKSI - Penulis Berita

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin SE MSi Ak

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin SE MSi Ak

NOA | Banda Aceh – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melalui UPTD Museum Aceh mengelar Pameran Senjata tahun 2021 untuk pertama kalinya secara virtual pada 16 Oktober 2021 mendatang.

Dalam pameran ini akan menampilkan 176 jenis senjata yang merupakan koleksi Museum Aceh, mulai dari Siwaih, Rencong, Pedang, Tombak, Meriam, Perisai dan lainnya.

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin SE MSi Ak mengungkapkan, menjelaskan, pameran secara langsung dalam sebuah kegiatan virtual ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (16/10/2021) mulai pukul 10.00-11.00 WIB.

Baca Juga :  Gairahkan Pariwisata, BPKS Dukung Sabang Marathon 2022

“Ini bagian dari pameran temporer Museum Aceh yang biasanya digelar setahun sekali, guna menampilkan koleksi yang jarang dipamerkan pada hari-hari biasa. Tahun ini, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, kita menggelar secara virtual,” papar Jamaluddin.

Kepala UPTD Museum Aceh Mudha Farsya menambahkan, Aceh adalah satu bangsa yang dalam perjalanan sejarahnya mengalami berbagai peperangan, baik menyerang pada saat penaklukkan ataupun diserang ketika hendak ditaklukan, sebagaimana bangsa-bangsa lain di dunia.

Baca Juga :  Setelah di Evaluasi Ombudsman, Ini Komitmen Kapolres Agara

Karenanya, lanjut Mudha, kali ini Museum Aceh sengaja mengelar Pameran Senjata dengan mengangkat tema “Semangat, Simbol dan Identitas”. Kegiatan ini juga sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Museum yang jatuh pada 12 Oktober 2021.

Mudha menambahkan, setiap peperangan membutuhkan senjata sebagai alat untuk menyerang musuh dan mempertahankan diri. Seiring waktu, berbagai jenis senjata diciptakan dan berkembang.

“Sebelum era senjata api, senjata tajam merupakan alat perang utama bagi setiap pasukan. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah pedang dan pisau,” katanya.

Baca Juga :  Ikutan Fun Bike Keliling Situs Sejarah di Banda Aceh yuk, Begini Cara Daftarnya

Di Pameran Senjata kali ini, lanjutnya, Museum Aceh akan menampilan sejumlah senjata masa kerajaan Aceh pada masa kira-kira 500 tahun yang lalu atau masa pemerintahan Ali Mughayat Syah (1511-1530).

“Bagi masyarakat silahkan mengikuti jalanya Pameran Senjata 2021 secara virtual melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh dan kanal YouTube Museum Aceh pada Link Disbudpar Aceh Klik: https://www.youtube.com/c/DisbudparAceh,” tuntas Mudha. (RED).

Share :

Baca Juga

Advertorial

Gairahkan Pariwisata, BPKS Dukung Sabang Marathon 2022

Disbudpar Aceh

Aceh Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2021

Disbudpar Aceh

Terima Duta Wisata Indonesia 2021 Akkral dan Salwa, Ini Pesan Gubernur Aceh

Disbudpar Aceh

Ridwan Kamil Kunjungi Museum Tsunami Aceh

Disbudpar Aceh

Dorong Promosi Pariwisata, 30 Pelaku Ekraf Dilatih Keterampilan Produksi Film

Banda Aceh

Terima Kunjungan Sineas Aceh Peraih Piala Citra FFI 2021, Kadisbudpar: Selamat, Bangga!

Advertorial

Disbudpar Aceh dan Wujud Impian ‘Kawom Teater Aceh’ di Pentas Nasional

Disbudpar Aceh

Almuniza: Pelaku Usaha Fesyen Bisa Bangkitkan Perekonomian dan Pariwisata Aceh