Home / Aceh Barat

Kamis, 25 November 2021 - 14:28 WIB

Perkuat Perpustakaan Umum, Dinas Perpustakaan Dan Arsip Aceh Barat Gelar Sosialisasi TPBIS

REDAKSI - Penulis Berita

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menggelar sosialisasi program Transformasi  Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tahun 2021 dibuka oleh Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Administrasi

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menggelar sosialisasi program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tahun 2021 dibuka oleh Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Administrasi

NOA | Aceh Barat – Sebagai upaya untuk memperkuat perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui kemampuan literasi yang dapat meningkatkan kreatifitas serta memberikan akses informasi secara masif, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menggelar sosialisasi program Transformasi  Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tahun 2021.

Kegiatan di aula Bappeda Aceh Barat itu dibuka oleh Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Nyak Na, SE, M., Ec., Dev, Kamis (25/11/2021).

Nyak Na mengatakan program TPBIS merupakan program prioritas Nasional yang bertujuan untuk memperluas akses informasi melalui penguatan literasi demi terwujudnya kesejahteraan dan  keadilan bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Lanjutkan Kerjasama dengan LKBN

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Barat adalah mitra dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dalam menerapkan program TPBIS tersebut sejak tahun 2020 lalu,” ungkap Nyak Na.

Sebagai Pemerintah daerah, pihaknya berkomitmen untuk menjalankan program tersebut secara optimal, dengan menjadikan perpustakaan umum sebagai pusat belajar masyarakat. Menurutnya, pembelajaran yang baik adalah kunci dalam pengembangan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Melalui pemberdayaan perpustakaan, ia berharap dapat mewujudkan masyarakat Aceh Barat yang cerdas dan memiliki tradisi intelektual yang kuat khususnya bagi generasi muda,” harap Nyak Na.

Lebih lanjut, Nyak na juga meminta kepada para peserta agar dapat mengikuti sosialisasi ini secara optimal sehingga ilmu yang telah didapatkan bisa di implementasikan kepada masyarakat luas, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga desa dalam Kabupaten Aceh Barat.

Baca Juga :  Di Lambalek, Evi Juwinda Tegaskan Bunda Paud Harus Jalin Kerjasama Dengan Pemangku Kepentingan

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar, S.IP., M.AP mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pengembangan literasi berbasis inklusi sosial melalui sosialisasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diikuti oleh 60 peserta dari 14 desa dalam Kabupaten Aceh Barat.

Ia berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan maksimal sehingga nantinya mereka mampu mengimplementasikan program TPBIS tersebut di wilayah nya masing-masing secara optimal.

“Perlu ada kerjasama dan sinergitas yang baik dari para aparatur pemerintahan dan Tim Penggerak (TP) PKK, mulai dari tingkat desa, Kecamatan maupun Kabupaten dalam mendukung dan melanjutkan program pengembangan perpustakaan ini,” pinta Amril.

Baca Juga :  BPJamsostek Aceh Luncurkan Layanan Syariah, Bupati Aceh Barat Beri Apresiasi

Disamping itu, ia juga mengapresiasi Perpustakaan Nasional RI yang telah memberikan bantuan berupa 3 unit komputer, 1 unit server, 1 unit printer, 2 unit rak buku serta buku sebanyak 700 eksemplar kepada perpustakaan gampong Cot Seumeureng, gampong Seuneubok, gampong Suak Ondrapuri dan gampong Ujong Tanjong kecamatan Mureubo.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat meningkatkan peran perpustakaan gampong sebagai pusat pemberdayaan masyarakat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosialn” pungkas Amril.(RED).

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Ketua Tim TP PKK Aceh Barat Kembali Kunjungi Gampong Mawaddah Warrahmah

Aceh Barat

Bupati Aceh Barat Buka Pelatihan Dasar CPNS Formasi Umum 2021

Aceh Barat

DPRK Aceh Barat Terima Rancangan KUA-PPAS Tahun 2022

Aceh Barat

Evi Juwinda: PAUD Suatu Upaya Pembinaan Sejak Lahir

Aceh Barat

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Gelar Zikir Bersama Ulama dan Santri

Aceh Barat

Diskop UKM Aceh Latih 30 Peserta Penjahit di Kota Meulaboh

Aceh Barat

KOMPAK Resmi Berakhir di Aceh Barat

Aceh Barat

DPMPTSP Aceh Barat Terbaik 3 Untuk Kategori Penghargaan Reformasi Perizinan