Home / News

Jumat, 26 November 2021 - 11:28 WIB

Mahkamah Agung Tolak Kasasi, Abi Hidayat Bebas

REDAKSI - Penulis Berita

Salinan putusan MA di web

Salinan putusan MA di web

NOA l Tapaktuan – Mahkamah Agung menolak upaya hukum Kasasi Penuntut Umum atas Putusan Perkara Pidana nomor : 23/Pid.B/2021/PN.Ttn. Di Pengadilan Negeri Tapak Tuan dengan terdakwa Drs. Hidayat M. Waly (Abi Hidayat) Bin Alm. Prof. DR. Muhibbudin Waly (Sekretaris Umum Ponpes Darussalam).

Penolakan kasasi itu tertuang dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor : 1214 K/Pid/2021 tanggal 24 November 2021, sebagaimana yang dimuat dalam Halaman Situs Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Upaya Hukum Kasasi yang diajukan oleh Penuntut Umum melalui Pengadilan Negeri Tapaktuan pada tanggal 28 Juni 2021 tersebut, dimana Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri Aceh Selatan merasa keberatan atas Putusan Pengadilan Negeri Tapaktuan.

Dalam keputusan Pengadilan Negeri Tapaktuan itu menyatakan bahwa Terdakwa Drs. Hidayat M. Waly Bin Alm. Prof. DR. Muhibbudin Waly tidak terbukti secara sah melanggar Pasal 351 Ayat (1) KUHP oleh karenanya terdakwa dibebaskan dari segala tuntutan dan direhabilitasi nama baiknya.

Baca Juga :  Gugus 14 Kuala Batee Siap Laksanakan Vaksinasi Usia 6-11 Tahun, Berikut Jadwalnya

Terhadap pengajuan Kasasi oleh JPU, Tim Penasehat Hukum Drs. Hidayat M. Waly Zulkifli, S.H., Pujiaman, S.H., dan Rizki Darmawan, S.H., juga telah mengajukan Kontra Memori Kasasi terhadap Permohonan Kasasi Penuntut Umum tersebut pada tanggal 26 Juli 2021 yang membantah argumen dan pendapat hukum Penuntut Umum dalam Memori Kasasinya melalui Kontra Memori Kasasi.

“Atas Putusan tersebut, JPU yang merasa keberatan kemudian mengajukan upaya hukum Kasasi ke Mahkamah Agung yang kemarin tanggal 24 November 2021 telah di putuskan bahwa Permohonan Kasasi JPU di Tolak, artinya Putusan Pengadilan Negeri Tapaktuan yang menyatakan Drs. Hidayat M. Waly tidak bersalah secara sah dan meyakinkan sudah tepat” Terang Rizki Darmawan, S.H. selaku juru bicara Tim Penasehat Hukum Drs. Hidayat M. Waly.

Baca Juga :  Bantu Lawan Invasi Rusia, Uni Eropa Kirim Bantuan Senjata ke Ukraina

Tim Penasehat Hukum Drs. Hidayat M. Waly mengapresiasi putusan tersebut. Karena Pengadilan Negeri Tapaktuan yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut telah memutuskan sesuai dengan fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, dimana Drs. Hidayat M. Waly tidak pernah melakukan perbuatan sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum.

“Kami sangat menggapresiasi Putusan MA yang menolak Kasasi Penuntut Umum tersebut, karena sesuai dengan argumentasi kami didalam Kontra Memori Kasasi yang pada intinya menyatakan bahwa Putusan PN Tapaktuan sudah sangat sesuai dengan fakta hukum yang terungkap di persidangan,” kata Rizki

Baca Juga :  Dihadapan Tokoh Agama, Kapolres Abdya Sampaikan Hal Ini

Sebelumnya Abi Hidayat dilaporkan oleh Sahal Tastariwal selaku Ketua Umum MPTTI di Polres Aceh Selatan pada bulan September 2020 dengan dugaan Tindak Pidana Penganiayaan sebagaimana diatur didalam Pasal 351 Ayat (1) KUHP terkait dengan kejadian ricuh di pesantren Darussalam pada tanggal 25 Agustus 2020 selasa malam.

Dalam sidang dengan agenda Putusan pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2021 Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tapaktuan memutuskan bahwa Drs. Hidayat M. Waly Bin Alm. Prof. DR. Muhibbudin Waly tidak terbukti secara sah melanggar Pasal 351 Ayat (1) KUHP oleh karenanya Terdakwa dibebaskan dari segala tuntutan dan direhabilitasi nama baiknya.(RED).

Share :

Baca Juga

News

7 Kali Berturut-Turut Aceh Selatan Raih WTP

News

Cegah Stunting, Kadinkes Pidie: Petugas Kesehatan Agar Terus Berinovasi

News

Pemerintah Aceh Kembali Gelar Teken Kontrak 371 Paket Tahap II Senilai Rp479,5 Miliar

News

Disdik Aceh dan Kemendikbud Ristek Gelar Bimtek E-Pembelajaran Berbasis TV dan Suara Edukasi

News

Gubernur Aceh: Keandalan Layanan PLN Jangan Terganggu di Bulan Ramadhan

Dishub Aceh

Kini Dishub Aceh Kelola Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang

News

Gugus 14 Kuala Batee Siap Laksanakan Vaksinasi Usia 6-11 Tahun, Berikut Jadwalnya

News

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke 93, Bapera Gandeng KJP Gelar Donor Darah