Home / News

Jumat, 24 September 2021 - 17:27 WIB

Kabid Humas Polda Aceh: Vaksinator sudah Sesuai SOP, Siswi Khana Darasa Naswa Hanya Syok

REDAKSI - Penulis Berita

NOA | Banda Aceh – Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S.H., S.I.K., M.Si., menyatakan, pihaknya melalui Polres Lhokseumawe sudah melihat langsung kondisi terkini dari Siswi Khana Darasa Naswa (16), yang tumbang setelah menerima vaksin Covid-19 di SMK N 1 Lhokseumawe.

Berdasarkan keterangan dokter, kata Winardy, kondisi terakhir Siswi Khana Darasa Naswa baik-baik saja, namun masih perlu waktu untuk istirahat. Yang bersangkutan diketahui hanya merasa syok/ takut (Sikosomatik).

Menurutnya, terkait kejadian tersebut, ada beberapa fakta yang tidak bisa kita nafikan, sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat untuk menerima vaksin.

Baca Juga :  Pengawasan Kendaraan Angkutan Umum Terminal Butuh Perhatian Khusus

Winardy menjelaskan, sebelum divaksin Khana Darasa Naswa sudah terlebih dahulu dilakukan skrining dan tensi, yang hasilnya normal-normal saja.

Hal tersebut merupakan mekanisme yang tetap dilakukan oleh vaksinator kepada semua orang yang akan divaksin.

Kemudian setelah menerima vaksin, Siswi Khana Darasa Naswa juga diobservasi selama 30-40 menit, untuk mengetahui efek yang ditimbulkan. Namun saat itu, yang bersangkutan baik-baik saja.

“Saat di skrining, yang bersangkutan sudah ditanyakan oleh petugas tentang kondisi dan riwayat penyakit. Kemudian setelah vaksin juga ada dilakukan observasi. Saya rasa, vaksinator sudah bekerja sesuai dengan SOP,” sebut Winardy, dalam keterangannya, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga :  Nova: Pemerintah Aceh Tidak Anti Kritik

Ia juga menyampaikan, untuk vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat sudah lebih dulu dicek oleh BPOM, sehingga dari vaksin itu sendiri tidak ada masalah. Namun secara umum, efek samping itu tetap ada seperti nyeri di titik bekas suntikan, sakit kepala, kelelahan, dan sedikit nyeri otot.

Baca Juga :  Perjuangkan Pemekaran CDOB Aceh, Anggota DPRA Galang Pembentukan Pansus Penyusunan Qanun

“Efek samping saya rasa tetap ada. Dan itu umum ditimbulkan oleh semua vaksin,” ucapnya.

Oleh karena itu, Winardy berharap, pemberitaan-pemberitaan terkait dengan kejadian tersebut jangan dibesar-besarkan, apalagi ditambah-tambah dengan fakta yang tidak berdasar.

Mewakili institusi, Winardy ikut prihatin atas kejadian yang menimpa Siswi Khana Darasa Naswa. Semoga di balik semua ini ada hikmah yang bisa kita petik.

“Kami berdoa, semoga Adinda Khana Darasa Naswa cepat sembuh, sehingga dapat kembali belajar seperti semula,” tutupnya. []

Share :

Baca Juga

News

Syeh Marhaban: Tatan Hukum Adat Panglima Laot Miliki Dampak Positif Bagi Masyarakat Aceh

Nasional

Pemerintah Aceh Siap Terima Investasi Perusahaan asal Abu Dhabi

News

Indahnya Berbagi, CPR Kembali Salurkan Kado Ramadhan Untuk Sahabat Difabel

News

Alumni SMKN 1 Meulaboh Yang Kini Menjadi Praktisi Perbankan

Nasional

Cara Mata-mata Barat Berupaya Mengetahui Isi Kepala Putin

News

Sambut HUT ke 77 TNI AL, Lanal Bersama Pemkab Simeulue Gelar Bersih Pantai

Aceh Selatan

Sekda Buka Sosialisasi Bimtek PBJ Pemerintah

Nasional

Gempuran Rusia Kian Intens di Ibu Kota Ukraina, Warga Dilarang Keluar Rumah