Home / Aceh Barat

Sabtu, 9 Oktober 2021 - 19:54 WIB

Infrastruktur Dibangun, SDM Dayah Dikuatkan

REDAKSI - Penulis Berita

NOA | Aceh Barat – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dibawah kepemimpinan Ramli MS, tidak hanya memprioritaskan pembangunan infrastruktur serta peningkatan produksi padi hingga surplus di Kabupaten Aceh Barat. Ramli MS juga menaruh perhatian yang cukupĀ  serius di sektor agama. Melalui dinas terkait, Pemerintah Aceh Barat menggelontorkan sejumlah program unggulannya

Dayah sebagai lembaga Pendidikan terpadu dan tradisional berkomitmen sebagai lembaga pendidikan tafaqquh fiddin tidak diragukan lagi dapat memberikan peran yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang islami. Dengan indikator, selalu memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keagungan akhlak dan moral, keluasaan ilmu pengetahuan, siap berkompetisi dalam era global dengan kesiapan hidup pada masa sekarang dan mendatang.

Program yang dimaksud berupa pembinaan dan penguatan bidang keagamaan, seperti pembentukan Kampung Muslimin, penertiban masyarakat yang tidak berpakaian sesuai syariat Islam, pengalokasian anggaran bantuan langsung pada guru-guru dayah, bantuan Pendidikan untuk santri menempatkan tenaga pengajar dari dayah untuk sekolah-sekolah umum di Kabupaten Aceh Barat.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Barat Jalin Kerjasama Dengan PLN

Pada tahun 2021 berjalan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pendidikan Dayah memberikan insentif kepada guru dayah sebesar Rp 1 juta per bulan. Sehingga serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Barat tahun 2021 mencapai hampir Rp 1 miliar yang dialokasikan untuk sebanyak 80 guru dayah.

Perhatian Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terhadap pengembangan dayah tidak hanya melalui peningkatan kesejahteraan guru dayah saja. Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga membangun sejumlah infrastruktur untuk mendukung proses pembelajaran di pesantren yang ada di Aceh Barat.

Bangunan infrastruktur dimaksud meliputi pembangunan bilik-bilik santri, balee seumeubeut (balai mengaji) dan penambahan tempat mandi, cuci, kakus (MCK) plus. Sehingga, pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pendidikan Dayah, menyiapkan anggaran sebesar Rp 8,5 miliar untuk kebutuhan pendanaan infrastruktur dayah di Bumi Teuku Umar itu.

Baca Juga :  Bupati Ramli: Penguatan Ideologi Pancasila Harus Diiringi Peningkatan Kesejahteraan Rakyat

Pemerintah Ramli MS juga mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ). Serta memberikan insentif pada 140 pengajar pendidikan Quran (TPQ).

Selain pemberian insentif guru dayah, TPQ dan pembangunan infrastruktur, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga melakukan pembinaan bakat bagi para santri agar skill mereka semakin terasah. Pembinaan bakat santri dilakukan melalui pelatihan bagi santri-santri dibidang kaligrafi, pelatihan jurnalistik, penulisan standarisasi Arab Jawi, seminar bakat santri dan bakat kepemimpinan santri, serta pengembangan kreatifitas dan inovasi santri milenial, disamping itu juga diadakan seleksi baca kitab kuning.

Baca Juga :  Bupati Aceh Barat Buka Pelatihan Dasar CPNS Formasi Umum 2021

Sementara itu, untuk penguatan bidang agama para guru dayah di Aceh Barat, Pemerintah Ramli MS melaksanakan musyawarah ulama dayah Aceh Barat (MUDAB) dengan melibatkan seratusan ulama se-Aceh Barat. Agenda iniĀ  menjadi agenda rutin Ramli MS dengan para ulama. Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama guru-guru pesantren membuat kurikulum muatan lokal.

Untuk itu, dalam rangka penguatan eksistensi pendidikan dayah di Aceh Barat, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Barat, Zulkifli menyampaikan pesan Bupati Ramli MS pada pejabat dinas terkait, agar mempertimbangkan aspirasi guru-guru dayah dalam setiap program yang diusulkan. Harapannya tidak lain agar sejumlah program untuk direalisasikan bermanfaat sesuai keinginan dan kebutuhan guru-guru di dayah. (RED)

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

DPMPTSP Gelar Sosialisasi Penerima Hak Akses Turunan OSS RBA tahun 2021

Aceh Barat

DPRK Aceh Barat Gelar Paripurna Pemberhentian Wakil Bupati Aceh Barat

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Beri 3 Unit Kapal 4 GT Untuk KUB

Aceh Barat

Pemerintah Aceh Barat Pasang Videotron dan TV Robot di Meulaboh

Aceh Barat

Tinjau Vaksinasi, Kabinda Aceh Kunjungi Aceh Barat

Aceh Barat

Mewakili Bupati Aceh Barat, Marwandi SE Buka Workshop Yang Diadakan Kesbangpol

Aceh Barat

Buka RPD, Bupati Ramli: Pemerintah Selanjutnya Harus Mengikuti Estat Pembangunan

Aceh Barat

Pertama Kali Se-Indonesia, Pemkab Aceh Barat Gelar Kongres Santri Pancasila