Home / News / Pemerintah Aceh

Jumat, 26 November 2021 - 19:41 WIB

Dyah Erti: Dasa Wisma Kunci Sukses Kegiatan PKK

REDAKSI - Penulis Berita

NOA | TAKENGON – Dasa wisma yang aktif menjadi kunci sukses setiap kegiatan TP PKK, terutama terkait program pencegahan dan penanggulangan stunting di Aceh. Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas pendataan, Dasa Wisma harus benar-benar turun ke setiap rumah untuk mendapatkan data riil.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Aceh Dyah Erti Idawati, dalam sambutannya saat membuka secara resmi Workshop Integrasi Data Dasawisma TP PKK Gampong dalam Data Pemerintahan Gampong Regional 2 (Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues) di Aula Grand Bayu Hill Hotel, Takengon, Jum’at (26/11/2021).

“Peran Dasawisma sangat penting dalam mensukseskan program-program PKK. Apalagi saat ini fokus TP PKK di semua tingkatan adalah pencegahan dan penanggulangan stunting. Keberadaan kader dasawisma yang menghimpun data warga, kegiatan warga dan data keluarga menjadi basis penting dalam menyusun Perencanaan Program PKK, Data dasawisma menggambarkan kondisi riil kehidupan masyarakat yang dapat dijabarkan dalam kegiatan-kegiatan PKK,” imbau Dyah Erti.

Baca Juga :  BNNK Pijay Launching HaPeKu Bersinar Di Aleu Mee

Dyah Erti menambahkan, aktifnya Dasawisma turun langsung ke masyarakat untuk melakukan pendataan dengan baik dan benar, akan memudahkan upaya pencegahan dan penanggulangan stunting yang saat ini sedang digalakkan.

Dalam kesempatan tersebut, Dyah Erti kembali mengingatkan, bahwa gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Pemberdayaan Keluarga meliputi segala upaya bimbingan, pembinaan dan pemberdayaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri. Program-program yang lahir dari gerakan PKK berdasarkan kondisi riil keadaan masyarakat yang kemudian diorganisir bersama untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Dyah Erti.

Dyah Erti yang juga Bunda PAUD Aceh itu menambahkan, upaya mensejahterakan masyarakat melalui 10 Program Pokok PKK memerlukan strategi yang tepat, terutama dalam merumuskan program dan kegiatan agar mampu menjawab permasalahan masyarakat. Perumusan program dan kegiatan berdasarkan data yang akurat menjadi kunci dalam mendukung gerakan PKK.

Baca Juga :  SMAN 2 Tamiang Hulu, Meski Terpencil Tapi BEREH

“Dalam perencanaan pembangunan, data memainkan peranan penting dalam menyusun rencana, penetapan rencana, pengendalian rencana dan evaluasi pelaksanaan rencana. Data juga membantu para pengambil kebijakan dalam mengambil keputusan. Termasuk upaya penanggulangan dan pencegahan stunting,” kata Dyah.

Data yang akurat, sambung Dyah Erti, akan sangat membantu dalam perumusan masalah dan perumusan program kegiatan sebagai upaya penyelesaiannya. Dalam kaitan ini, saya sampaikan bahwa data dasawisma buka hanya sekedar laporan, lebih dari itu data dasawisma adalah data yang harus menjadi rujukan dalam merumuskan program kegiatan gerakan PKK di tingkat Gampong, yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat Kecamatan dan Kabupaten.
Untuk itu, Dyah mengimbau Tim Penggerak PKK di semua jenjang, terutama Sekretaris TP PKK Gampong untuk terus menempa diri, meningkatkan kapasitas agar mampu memahami data dasawisma yang terhimpun dari kelompok-kelompok dasawisma dan mengintegrasikannya dalam perencanaan kegiatan PKK Gampong. Hal ini sejalan dengan salah satu tugas dan fungsi dari sekretaris TP PKK Gampong, yaitu menyusun rencana kerja TP PKK.

Baca Juga :  Sekda Aceh Antar Langsung SK Kenaikan Pangkat ASN Simeulue

“Perlu untuk kita ingat bersama bahwa, perencanaan kegiatan PKK harus disesuaikan dengan perencanaan pembangunan gampong dan daerah. Agar peran PKK sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan termasuk pembangunan desa semakin jelas , maka kegiatan PKK dapat difasilitasi dalam APBG, khususnya dari sumber dana ADG sebagaimana yang diamanahkan dalam Permendes No. 7 Tahun 2021,” pungkas Dyah Erti. []

Share :

Baca Juga

News

Gubernur Nova Ucapkan Selamat Berpuasa, Ini Pesannya untuk Masyarakat Aceh

Pemerintah Aceh

Bunda Literasi Aceh: Keluarga Adalah Fondasi Budaya Literasi di Era Digitalisasi

Aceh Utara

Tangkap Ikan Pakai Pukat Harimau, 1 Unit Kapal beserta ABK Diamankan

News

Imran Joni Nyalon Ketua PWI Aceh, Ini Visi – Misinya

Pemerintah Aceh

Gubernur Aceh Tutup Popda XVI, Pidie Juara Umum

News

Sat Reskrim Polres Pidie Amankan Pelaku Ilegal Logging Bersama BB

Aceh Selatan

Bupati Aceh Selatan Buka Acara Festival dan Lomba SSN Tingkat SD

News

Kepengurusan DPC Moeldoko Center Kota Banda Aceh Resmi Terbentuk