Home / Bank Aceh Syariah

Jumat, 27 Agustus 2021 - 16:46 WIB

Dukung Percepatan Pertumbuhan Ekonomi, Tim Sembilan dan Bank Aceh Syariah Gali Potensi Daerah

REDAKSI - Penulis Berita

Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman, Pemimpin Divisi Perencanaan Bank Aceh, Budi Kafrawi, Kepala BI Aceh, Achris Sarwani, dan Kepala OJK Aceh, Yusri sedang berbincang bersama Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, di Pendopo kabupaten setempat, Minggu (22/8/2021). Foto Bank Aceh

Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman, Pemimpin Divisi Perencanaan Bank Aceh, Budi Kafrawi, Kepala BI Aceh, Achris Sarwani, dan Kepala OJK Aceh, Yusri sedang berbincang bersama Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, di Pendopo kabupaten setempat, Minggu (22/8/2021). Foto Bank Aceh

NOA l Banda Aceh – Aceh menyimpan sumber daya alam melimpah. Kondisi geografis yang terletak di ujung barat pulau Sumatera, menjadikan Aceh sebagai provinsi yang tidak hanya kaya akan minyak bumi dan gas, tetapi juga komoditas perikanan, pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

Namun,  sejumlah sektor unggulan belum mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara optimal di setiap daerah, khususnya Aceh. 

Terkait hal itu, sejak Rabu (18/08/2021) tim sembilan bersama Bank Aceh melakukan kunjungan kerja ke sejumlah kabupaten/kota dalam rangka menggali potensi sumber daya, serta mencari  solusi atas permasalahan yang terjadi. 

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. 

Baca Juga :  Bank Aceh Salurkan Zakat Karyawan Rp2,2 Miliar

Tim sembilan  terdiri dari sejumlah lembaga dan badan maupun direktorat yaitu, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Juga Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Tim sembilan merupakan mitra kerja dari Komisi XI DPR RI dengan ruang lingkup keuangan, perencanaan pembangunan nasional, dan perbankan. 

Dalam kunjungan kerja kali ini, tim sembilan diikuti oleh empat institusi atau badan yang diwakili oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani, Kepala Otoritas jasa Keuangan Aceh, Yusri, Kepala Badan Pusat Statistik Aceh, Ihsanurijal, dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Aceh, Imanul Hakim. 

Baca Juga :  Hari Ini, Payment Point Bank Aceh Kantor Bupati Aceh Utara Beroperasi

Sementara itu, dari Bank Aceh, turut dihadiri oleh Direktur Utama, Haizir Sulaiman, dan Pemimpin Divisi Perencanaan, Budi Kafrawi.

Kunjungan kerja antara lain dilakukan melalui audiensi dengan kepala daerah dimulai dari Aceh Jaya, Aceh Barat Daya, Singkil, Subulussalam, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Aceh Tengah.

Bupati Aceh Jaya, Teuku Irfan TB, Rabu (18/08/2021), dalam kesempatan singkat di Calang mengatakan, Aceh Jaya menyimpan potensi sumber daya yang sangat besar untuk dikelola, baik di sektor pertanian maupun perikanan. 

Baca Juga :  Kementerian PUPR Tunjuk Bank Aceh Penyalur BSPS

Tidak hanya itu, Aceh Jaya juga memiliki potensi pupuk organik. Namun, menurutnya, dibutuhkan orientasi jangka panjang dan sinergi dari seluruh pihak dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.  

Di Abdya, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam pertemuan di kediamannya, Rabu (18/08/2021) malam mengatakan, Abdya memiliki potensi sumber daya perikanan dan pertanian yang sangat prospektif. “Saat ini masyarakat di Abdya sedang menggalakkan budidaya udang vaname,” ujarnya.

Udang vaname diketahui memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya, udang itu mudah beradaptasi, kemungkinan udang mati juga sangat kecil, sehingga memiliki prospek yang cukup baik untuk dibudidayakan. (RED)

Share :

Baca Juga

Bank Aceh Syariah

TW II 2022, Bank Aceh Catat Kinerja Cemerlang

Bank Aceh Syariah

Sambut HUT Bank Aceh, Pikabas Salurkan Bantuan ke Wilayah Timur Aceh

Bank Aceh Syariah

Terbaik di Kelasnya Jadi Kado HUT Bank Aceh ke- 49

Bank Aceh Syariah

Bank Aceh KCP Suak Beukah Beroperasi, Aceh Jaya Terima Deviden Rp 8 Miliar

Bank Aceh Syariah

Nasabah Bank Aceh Syariah Diminta Segera Mengganti Kartu ATM Lama, Batas Akhir 31 Oktober 2021

Bank Aceh Syariah

Garap Pembiayaan Sektor Kesehatan, BSI Berikan Line Facility ke RSU Cempaka Lima Aceh

Bank Aceh Syariah

Bank Aceh Salurkan Zakat Karyawan Rp2,2 Miliar

Bank Aceh Syariah

Bank Aceh Action Cup Resmi Bergulir