Home / Aceh Barat / News

Selasa, 28 September 2021 - 11:13 WIB

Buka Mubes MAA, Ini yang Disampaikan Bupati Aceh Barat

REDAKSI - Penulis Berita

Bupati Aceh Barat, Ramli MS membuka Mubes MMA Kabupaten setempat

Bupati Aceh Barat, Ramli MS membuka Mubes MMA Kabupaten setempat

NOA l Aceh Barat – Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Barat menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke I tahun 2021 dalam rangka Pemilihan Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat untuk masa bakti 2021-2026 yang dilaksanakan di Aula Bappeda Aceh Barat, Selasa (28/9/2021).

Mubes yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh Barat, para Camat dilingkup Pemkab Aceh Barat, pemangku adat, serta para pengurus MAA mulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, mengatakan bahwa pemilihan Ketua MAA merupakan hal yang sangat krusial dalam menjaga serta melestarikan adat istiadat yang ada di Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Baca Juga :  Dua Mortir yang Ditemukan Petani di Aceh Tenggara Diledakkan

“Adat bak poteumeureuhom, hukom bak syiah kuala, yang mempunyai makna bahwa adat itu ada pada seorang pemimpin, sementara hukum ada pada ulama,” ungkap Ramli MS.

Untuk itu, ia berharap Mubes MAA yang digelar itu dapat melahirkan sosok pemimpin yang benar-benar paham tentang agama serta adat istiadat yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting guna menguatkan kembali adat istiadat yang selama ini telah terbangun di Bumi Teuku Umar.

Sebagai Pemerintah daerah, Ramli MS mengatakan pihaknya terus mendorong penguatan terhadap peranan MAA Kabupaten Aceh Barat dalam menjaga Kelestarian Budaya dan adat istiadat di tengah era modern saat ini.

Baca Juga :  Wakili Kapolda, Karo Ops Polda Aceh Buka Latpraops Patuh Seulawah 2021

“Jangan sampai adat istiadat Aceh dianggap kuno dan ketinggalan zaman oleh generasi millenial,” ujar Ramli MS.

Oleh sebab itu, katanya, peranan MAA sangat dibutuhkan guna menumbuhkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya dan adat istiadat Aceh yang berlandaskan pada nilai-nilai islami.

Disamping itu, ia juga meminta kepada Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat untuk periode mendatang agar dapat membuat sebuah seminar yang memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa adat istiadat Aceh sejalan dengan ideologi Pancasila.

Baca Juga :  Kemukiman Ulim Baroh Di Kepung Banjir Sejak Pagi Hari, Satu Unit Boat PMI Di siagakan

“Hal ini sangat penting sebagai upaya untuk menguatkan ideologi Pancasila melalui budaya dan adat istiadat daerah,” pungkas Ramli.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut, Nuriyah, S.Pd, menyampaikan bahwa Mubes ini diikuti oleh 82 peserta yang mewakili unsur pemangku Adat, MAA Kecamatan, Imum Mukim serta MAA Kabupaten Aceh Barat.

Ia juga menjelaskan bahwa Mubes pemilihan Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat ini dijadwalkan akan digelar selama 2 hari yakni tanggal 28 dan 29 September 2021.

“Tujuannya untuk menentukan calon kandidat serta dilanjutkan dengan pemilihan Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat untuk periode 2021-2026 mendatang,” ungkap Nuriyah.(RED).

Share :

Baca Juga

Nasional

Ratusan orang masih terjebak di reruntuhan teater Mariupol akibat gempuran Rusia

Nasional

Pengungsi Suriah di Jerman Tunjukkan Solidaritas untuk Ukraina

News

Didampingi Gubernur Nova, Wapres Serahkan Bansos untuk Warga Banda Aceh dan Aceh Besar
Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud, S.T

News

Wabup Pidie Sampai Pesan Kepada Warga Terkait Zona Merah

Aceh Barat

Gelar Diskusi, Kadisnak Aceh Bersama Ipelmabar Bahas Pengembangan Peternakan untuk Peningkatan EkonomiĀ 

News

Gelapkan Mobil Anggota DPRK Pidie, Seorang Wanita Diamankan Polisi

Nasional

Seberapa Berguna Drone Buatan Turki dalam Perang Ukraina?

News

Besok, Safari Ramadhan Pemerintah Aceh Dimulai