Home / Pemerintah

Selasa, 27 September 2022 - 08:46 WIB

Aktif Berkontribusi, Aceh Raih Peringkat 5 Anugerah Media Center Daerah Tahun 2022

REDAKSI - Penulis Berita

NOA | Serpong – Pemerintah Aceh melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh meraih peringkat ke-5 sebagai Media Center Terbaik Kategori Berita Provinsi yang telah berkontribusi aktif dalam pembuatan konten berita pada portal InfoPublik pada tahun 2021.

Capaian itu diumumkan dalam Anugerah Media Center Daerah 2022 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika di Serpong, Tangerang Selatan,  Banten, Senin (26/9/2022).

Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo Nursodik Gunarjo, mengatakan peran media center daerah sangat besar terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi.

Baca Juga :  Bupati Aceh Selatan Secara Resmi Buka Festival Pesona Barat Selatan

Menurutnya, pemerintah pusat tidak akan mampu melayani kebutuhan informasi masyarakat dari seluruh daerah mulai dari Sabang sampai Merauke. Perlu peran serta media center daerah sebagai ujung tombak dari komunikasi publik.

Tentu saja salah satu yang menjadi ujung tombak dari komunikasi publik itu adalah media center. Komunikasi publik tidak akan bisa dilaksanakan oleh pemerintah pusat saja, karena kita melayani seluruh rakyat Indonesia yang berada dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga :  Syeh Marhaban: Mengadili Kasus dan Perkara Ringan Dalam Bermasyarakat di Aceh Juga Tugas MAA

Karena itu tentu saja membutuhkan media center yang ada di daerah. Peran serta dari media center yang ada di daerah itu sangat besar terutama dalam hal memenuhi hak publik terhadap informasi,“ kata Direktur Pengelolaan Media (PM), Nursodik Gunarjo.

“Saya kira fenomena-fenomena semacam itu juga harus diantisipasi oleh para penyelenggara komunikasi publik, baik di pusat maupun di daerah. Ke depan itu akan segera bergeser untuk menjadi komunikasi yang sifatnya lebih kepada komunikasi digital. Itu mohon sekali lagi untuk dipertimbangkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Pererat Tali Silaturahmi, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Aceh Selatan Gelar Outbond 

Selain itu, ia berpesan agar media center di daerah tidak hanya berpacu menjadi yang terbaik berdasarkan banyaknya kontribusi berita dan foto. Namun juga menyesuaikan dari agenda setting yang telah ditetapkan dalam rapat redaksi.

“Kuantitas penting tetapi bukanlah segala-galanya namun juga nantinya berupaya dapat meningkatkan kualitas dan juga satu hal yang sangat penting adalah bagaimana menyesuaikan dari agenda setting media center,” sebutnya. []

Share :

Baca Juga

Aceh Barat Daya

Buka Musrembang Gampong, Teuku Rinaldi: Untuk Menampung Usulan Program Dari Masyarakat

Aceh Besar

Mellani Harapkan Bunda dan Pokja PAUD Kecamatan Dukung Pembangunan dan Pengembangan PAUD

Aceh Barat

Banjir Aceh Barat Menyurut, Bupati Minta Lintas Instansi Terus Siaga

Aceh Barat

Rakerda Penjaminan Mutu Pendidikan, Pj Bupati Aceh Barat : Langkah Awal Menuju Aceh Carong

Aceh Barat

Hadiri Pelantikan PWI Aceh Barat, Ini Pesan Sekda Marhaban, SE., M.Si

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Lepaskan Mahasiswa Miskin Penerima Beasiswa Aceh Carong

Advertorial

Almuniza Temui Konsul Jenderal Malaysia dan Kadisbudpar Sumut di Medan, Ini Hasilnya

Aceh Barat

Peringati HUT KORPRI dan HKN, IKAPTK Aceh Barat Gelar Bakti Donor Darah