SAPA : Polres Bireuen Harus Bertindak Tegas terhadap Dugaan Penambangan Batu Gajah Ilegal - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Hukrim

Kamis, 22 Agustus 2024 - 13:59 WIB

SAPA : Polres Bireuen Harus Bertindak Tegas terhadap Dugaan Penambangan Batu Gajah Ilegal

FARID ISMULLAH

Truk pengangkut galian C berupa batu gajah. (Foto : Dok. Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA).

Truk pengangkut galian C berupa batu gajah. (Foto : Dok. Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA).

Banda Aceh – Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA) meminta Polres Bireuen untuk segera mengambil tindakan hukum terhadap Dugaan aktivitas penambangan batu gajah ilegal yang masih berlangsung di Simpang Mamplam, Bireuen, Kamis.

“Kami sangat prihatin dengan masih berlanjutnya penambangan galian C ilegal, khususnya batu gajah, di Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen. Meskipun permintaan dari kami sudah disampaikan berulang kali, sampai sekarang aktivitas tersebut masih berlangsung. Ini jelas merupakan bentuk pembiaran yang tidak dapat ditolerir,” kata Ketua Umum SAPA Fauzan Adami dalam keterangan, 22 Agustus 2024.

Sambungnya, Hingga kini belum ada langkah konkrit dari Pj Bupati Bireuen dan aparat penegak hukum.

“Penambangan ilegal tersebut melanggar sejumlah peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Penambangan tanpa izin merupakan pelanggaran serius terhadap Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, khususnya Pasal 158 yang menyatakan bahwa setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa izin usaha pertambangan (IUP), Izin Pertambangan Rakyat (IPR), atau Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) akan dikenakan sanksi pidana dengan hukuman penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar,” Ujarnya.

Baca Juga :  Tangkap Ikan Pakai Pukat Harimau, 1 Unit Kapal beserta ABK Diamankan

Ketua SAPA juga menyoroti keterlibatan seorang pengusaha besar, MT, dalam Dugaan aliran material batu gajah dari penambangan ilegal tersebut.

“Kami telah menerima informasi yang kuat bahwa Dugaan material dari aktivitas ilegal tersebut didistribusikan kepada MT, seorang pengusaha ternama dan kaya di Bireuen.

Tambahnya, Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa ada upaya untuk melindungi pelaku kejahatan karena status sosial dan kekayaan mereka.

“Ini adalah pelanggaran serius terhadap prinsip-prinsip keadilan dan supremasi hukum,” Pungkasnya.

Ketua SAPA menegaskan bahwa hukum harus berlaku sama untuk semua orang, tanpa memandang kekayaan atau pengaruh politik.

“Kami tidak bisa membiarkan siapa pun, termasuk orang kaya dan berpengaruh, untuk bersembunyi di balik uang dan kekuasaan demi menghindari tanggung jawab hukum,” Tegasnya.

SAPA meminta Polres Bireuen segera bertindak segera dan tegas dalam menangani dugaan kasus tersebut.

“Tidak boleh ada kompromi dalam penegakan hukum, terutama ketika pelanggaran ini merusak lingkungan dan mengancam kesejahteraan masyarakat,” Terangnya.

Baca Juga :  Polres Lhokseumawe Tangkap Terduga Pelaku Pembunuhan Hewan Dilindungi

Penambangan batu gajah ilegal, selain melanggar hukum, juga membawa dampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat.

“Aktivitas penambangan ilegal ini merusak ekosistem dan lingkungan hidup yang menjadi penopang kehidupan masyarakat sekitar. Ini tidak hanya melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, tetapi juga Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, di mana setiap aktivitas yang mengubah tata ruang harus melalui prosedur perizinan yang ketat untuk memastikan keberlanjutan lingkungan,” papar Fauzan.

Ia juga menegaskan bahwa jika Polres Bireuen tidak segera mengambil tindakan, ini akan menciptakan preseden buruk yang merusak kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum. “

Jika tindakan tegas tidak segera diambil, maka masyarakat akan melihat bahwa hukum dapat dibeli dan dipermainkan oleh mereka yang memiliki kekayaan dan pengaruh. Ini adalah preseden yang sangat berbahaya bagi penegakan hukum dan ketertiban di negara kita. Polres Bireuen harus menunjukkan komitmennya untuk menegakkan hukum dengan tegas dan adil,” ungkapnya.

Baca Juga :  Berada Dibawah Garis Kemiskinan H Mukhlis Takabeya Santuni Keluarga Hanifah di Pante Paku

Ketua SAPA juga menyampaikam, pihaknya akan terus memantau perkembangan kasus ini dan siap untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut jika tidak ada tindakan tegas dari aparat penegak hukum.

“Kami tidak akan berhenti sampai keadilan ditegakkan. SAPA akan terus berada di garis depan dalam memperjuangkan penegakan hukum dan melindungi hak-hak masyarakat serta lingkungan dari ancaman penambangan ilegal,” pintanya.

SAPA berharap Polres Bireuen segera bertindak dan menunjukkan bahwa hukum di negara ini tidak dapat dibeli, serta memberikan perlindungan nyata kepada masyarakat dan lingkungan dari tindakan yang merugikan.

Sebelumnya SAPA mendesak proyek Tebing Sungai Peudada dihentikan sementara hingga izin galian C yang sah dikeluarkan oleh pihak berwenang, karena diduga MT selaku kontraktor pada kegiatan itu menggunakan material ilegal.

Diduga galian C ilegal itu diambil di kawasan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen dibawa ke proyek pembangunan bangunan perkuatan Tebing Sungai Krueng Peudada yang dikerjakan oleh salah satu Perusahaan dengan pagu anggaran mencapai Rp12, 4 miliar dari APBA Tahun 2024 dibawah Dinas Pengairan Aceh.

Editor: Amiruddin. MK

Share :

Baca Juga

Hukrim

Cegah Judi Online di Warkop, Satreskrim Polresta Banda Aceh Pasang Spanduk

Hukrim

Kasus People Smuggling Rohingya, Polisi Periksa Sejumlah Saksi Ahli

Hukrim

Kepala Kanwil Bea Cukai ditetapkan sebagai tersangka dugaan Penyelundupan Impor Gula

Hukrim

Polres Nagan Raya Kembali Tangkap 2 Mahasiswa Terkait Kasus Narkoba 

Daerah

PW SEMMI Aceh Mengutuk Dugaan Tindakan kekerasaan Oleh Oknum saat unjuk rasa mahasiswa Didepan Kantor DPRA  

Daerah

Miliki Sabu, Seorang Pemuda Diamankan Polisi

Hukrim

Suami Aniaya Istri Hingga Meninggal Dunia, Pelaku Ditahan di Polresta Banda Aceh

Hukrim

Polda Aceh Tahan Tiga Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Wastafel

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!