Diskominsa Aceh Barat Tingkatkan Akses Internet dengan VSat - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Aceh Barat / Daerah

Sabtu, 27 Juli 2024 - 00:12 WIB

Diskominsa Aceh Barat Tingkatkan Akses Internet dengan VSat

REDAKSI

Diskominsa Aceh Barat saat melakukan audiensi dengan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Foto: Humas Diskominsa Aceh Barat

Diskominsa Aceh Barat saat melakukan audiensi dengan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Foto: Humas Diskominsa Aceh Barat

Jakarta – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominsa) Aceh Barat terus berupaya meningkatkan akses internet di wilayah tersebut.

Setelah melakukan audiensi dengan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Diskominsa Aceh Barat segera menindaklanjuti pertemuan tersebut bersama Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) serta Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Jumat (26/07/2024).

Plt. Kepala Diskominsa Aceh Barat, Edy Sofian, M.Si, didampingi Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Hidayat Isa, SE, dan Kabid Layanan TIK dan E-Government T. Syaiful, SE, menyebutkan bahwa dalam pertemuan tersebut disepakati pembangunan akses internet di Aceh Barat akan mengedepankan infrastruktur yang didukung oleh ketersediaan listrik yang memadai serta akses yang mudah bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Barat : Sebelum Idul Adha, Dana ADG Sudah Masuk Rekening Gampong se-Aceh Barat  

Meski tidak ada pembangunan Base Transceiver Station (BTS) pada tahun ini, pihak Diskominsa Aceh Barat menawarkan solusi alternatif dengan membangun VSat (Very Small Aperture Terminal).

Baca Juga :  Diskominsa Aceh Barat Ajak Warga Bijak Gunakan Medsos

Edy Sofian menjelaskan bahwa tahun ini direncanakan akan dibangun 14 unit VSat di Aceh Barat. VSat ini merupakan solusi untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh jaringan internet konvensional. Dengan adanya VSat, diharapkan akses internet di wilayah-wilayah terpencil di Aceh Barat dapat ditingkatkan.

“VSat adalah sebuah Sistem Informasi yang dirancang untuk mempermudah proses pengajuan permohonan dan monitoring usulan akses internet, BTS, relokasi, dan perubahan bandwidth secara digital. Aplikasi ini dapat digunakan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, kementerian, dan lembaga,” ujarnya.

Baca Juga :  Kapolres Aceh Selatan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba

Dengan adanya PASTI VSat, diharapkan seluruh proses administrasi dan informasi terkait pembangunan dan pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Aceh Barat dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

“Sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaat dari akses internet yang lebih baik, yang mencakup aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial budaya,” pungkasnya.

Editor: Amiruddin MK

Share :

Baca Juga

Daerah

Dukung Pelaksanaan PON XXI, Aceh Barat Bangga Jadi Tuan Rumah

Aceh Barat

Pj Bunda Paud Aceh Barat Kukuhkan Bunda PAUD di Dua Kecamatan

Daerah

Pangdam Iskandar Muda Pimpin Langsung Bakti Kesehatan dan Makan Gratis dalam Rangka HUT TNI Ke-79

Aceh Barat

Diwakili Sekda Aceh Barat, Pj Bupati Mahdi Serahkan Raqan Pertangungjawaban APBK Aceh Barat 2023

Aceh Barat

Aceh Barat Raih Top 99 Inovasi Amunisi Lengkap Kemenpan RB 

Daerah

Kemenag Aceh Lakukan Evaluasi Kinerja Madrasah

Daerah

Diskominsa Aceh Bersama BIG Gelar Rapat dan Diskusi Teknik Terkait Impementasi Geoportal Simpul Jaringan di Aceh

Daerah

PDAM Tirta Mountala Salurkan Air Bersih untuk Warga Kecamatan Lhoknga

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!