Dugaan tindak pidana korupsi tata niaga komoditas timah, Hasil audit BPKP Rp.300 triliun - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Hukrim

Rabu, 29 Mei 2024 - 17:20 WIB

Dugaan tindak pidana korupsi tata niaga komoditas timah, Hasil audit BPKP Rp.300 triliun

REDAKSI

Kejagung RI menerima hasil audit kompensasi kerugian keuangan negara dari Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh di bertempat di Gedung Utama Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (29/5/2024). (Foto | HO-Puspenkum Kejagung RI).

Kejagung RI menerima hasil audit kompensasi kerugian keuangan negara dari Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh di bertempat di Gedung Utama Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (29/5/2024). (Foto | HO-Puspenkum Kejagung RI).

Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima hasil audit kompensasi kerugian keuangan negara dari Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, yang telah merampungkan hasil audit dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 s/d 2022. Rabu 29 Mei 2024 bertempat di Gedung Utama Kejaksaan Agung.

“Adapun laporan tersebut terkait dengan perbuatan jajaran oknum arah PT Timah Tbk pada kurun waktu 2018 s/d 2019 yang telah melakukan persekongkolan dengan para smelter untuk mengakomodir penambangan timah ilegal yang seolah-olah-olah kesepakatan kerja sama sewa-menyewa peralatan pengolahan peleburan timah di wilayah IUP PT Timah Tbk, sehingga mengakibatkan kerugian keuangan negara cq PT Timah Tbk,” Kata Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana kepada NOA.co.id, Rabu 29 Mei 2024.

Baca Juga :  Kejagung RI kembali periksa tiga pegawai DJBC Terkait Perkara Impor Gula  

Sambungnya, Berdasarkan hasil audit perhitungan kerugian keuangan negara dari BPKP, diperoleh hasil kerugian yakni sebesar Rp300 triliun, yang terdiri dari Kerugian atas kerja sama PT Timah Tbk dengan smelter swasta sebesar Rp2,285 triliun, Kerugian atas pembayaran timah hitam kepada mitra PT Timah Tbk sebesar Rp26,649 triliun.

Baca Juga :  Kejari Pidie Jaya: Bertahap Tapi Pasti, Dugaan Penyimpangan Dana BOS, 59 Saksi Telah Dimintai Keterangan

“Kerugian lingkungan sebesar Rp271,1 triliun. Mengenai kerugian lingkungan yang dimaksud, merupakan akibat dari pengambilan timah yang dilakukan para smelter/swasta yang bekerja sama dengan oknum PT Timah Tbk di wilayah IUP PT Timah Tbk secara ilegal sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan,” Pungkasnya.

Oleh karena itu, perbuatan melawan hukum tersebut telah menimbulkan kewajiban bagi PT Timah Tbk selaku pemegang IUP untuk memulihkan kerusakan yang terjadi,” Paparnya.

Baca Juga :  JAM-Pidsus : Bukti Menunjukkan Betapa Seriusnya Kejahatan yang dilakukan pada Perkara Timah

“Dengan telah diterimanya audit perhitungan kerugian keuangan negara, Tim Penyudik akan fokus untuk menuntaskan pemberkasan dan berkoordinasi dengan akuntansi umum,”Tutup Ketut.

Penyerahan laporan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Dr. Febrie Adriansyah dan Deputi Bidang Investigasi pada BPKP Agustina Arumsari, Ak., MH., CFE., CGrA., CA., QIA.

Editor: Amiruddin. MK

Share :

Baca Juga

Hukrim

Polres Pidie Kembali Meringkus Pelaku Penyalahgunaan Narkotika, Satu Pelaku Bersama 17,81 gram Sabu Telah Diamankan

Hukrim

Resmi Ditahan KPK, Gus Mudhlor Pakai Rompi Orange

Hukrim

Polisi Amankan Pelaku Illegal Loging

Hukrim

Agus ditangkap Personel Unit PPA Satreskrim Polresta Banda Aceh Usai Perkosa IRT

Hukrim

Promosi Situs Judi Online di Medsos, Selebgram Asal Aceh Diringkus Polisi

Aceh Barat

Tim Gabungan Berhasil Mengamankan Terduga Jaringan TPPO di Aceh Barat  

Hukrim

KPK Sita Rumah Anak Buah SYL terkait Dugaan Korupsi

Hukrim

WNI yang Ditangkap otoritas Arab Saudi Gegara Rekam Jenazah Kini Sudah Dibebaskan

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!