Menko Polhukam : Intelijen Keamanan Polri Harus Jadi Penjuru Terdepan - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Politik

Selasa, 28 Mei 2024 - 23:41 WIB

Menko Polhukam : Intelijen Keamanan Polri Harus Jadi Penjuru Terdepan

REDAKSI

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Intelijen T.A. 2024,Jakarta, Selasa 28 Mei 2024. (Foto | HO-Humas Kemenko Polhukam).

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Intelijen T.A. 2024,Jakarta, Selasa 28 Mei 2024. (Foto | HO-Humas Kemenko Polhukam).

Jakarta – Saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada persiapan tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024. Berdasarkan perkiraan intelijen, potensi konflik sosial pada saat Pilkada 2024 cenderung menengah-tinggi.

“Keberpihakan penyelenggara yang tentunya tidak taat regulasi atau keberpihakan aparat keamanan kepada salah satu paslon adalah contoh penyebab konflik sosial yang dapat terjadi di Pilkada nanti,” Kata Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto kepada Kantor Berita NOA.co.id, Jakarta, Selasa 28 Mei 2024

Hal tersebut disampaikan Hadi saat Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Intelijen T.A. 2024 dengan tema “Intelijen Keamanan Polri yang presisi siap mengamankan penyelenggaraan Pilkada dan Agenda Nasional 2024 guna mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan”.

Baca Juga :  Panwaslih Simeulue Keluarkan Imbauan untuk Para Calon 

Menko Polhukam juga mengingatkan terkait tantangan yang akan dihadapi nantinya, seperti ada 4 provinsi yang baru akan melaksanakan Pilkada untuk pertama kalinya, yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

“Politik identitas dan uang, provokasi melalui media sosial, hate speech, dan beredarnya berita bohong, adalah tantangan lainnya yang akan dihadapi kita semua menjelang Pilkada nanti,”Pungkas Menko Polhukam.

Baca Juga :  H Said Mulyadi Calon Kuat Bupati Pidie Jaya di Pilkada 2024

Menko Hadi juga mengajak para peserta rakernis untuk bersama-sama kita harus melakukan antisipasi secara matang dan baik pada dua tahapan krusial Pilkada, yaitu Tahapan Persiapan dan Tahapan Pelaksanaan.

“Tahapan persiapan itu pada saat pembentukan PPK, PPS, KPPS, Panwas, dan penyusunan daftar pemilih. Tahapan pelaksanaan, yaitu penetapan Paslon, pelaksanaan kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan rekapitulasi, dan penetapan Calon Terpilih,” jelas Menko Hadi.

Melihat hal tersebut, Menko Polhukam menekankan kepada aparat intelijen keamanan untuk terus melaksanakan perencanaan, latihan, pengumpulan bahan keterangan, dan penggalangan dengan hati-hati dan cermat.

Baca Juga :  Mantan Wakil Bupati Pidie Jaya Nyatakan Sikap Siap Dukung Pasangan Idaman Di Pilkada 2024

“Pilkada Tahun 2024 dilaksanakan serentak, back up pengamanan oleh TNI/Polri akan berkurang, sehingga perkiraan intelijen harus tajam dan akurat untuk mengantisipasi kemungkinan konflik yang akan terjadi dan berimplikasi kontingensi,” tambah Menko Hadi.

Menko Polhukam berharap agar intelijen keamanan Polri harus bisa menjadi penjuru terdepan dalam mengamankan Pilkada sebagai fungsi preventif.

“Intelijen harus dapat mengelola potensi-potensi gangguan Kamtibmas dan mereduksi potensi tersebut untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat demi terciptanya pelaksanaan Pilkada yang aman, lancar, dan damai,”Tutup Menko Hadi.

Editor: Amiruddin. MK

Share :

Baca Juga

Politik

Bustami Hamzah Besuk Remaja yang Disiram Air Baterai oleh Ayah Tiri, Tawarkan Biayai Pengobatan

Daerah

Laksanakan Syukuran, PAS Aceh Akan Umumkan 10 Bakal Calon Gubernur Aceh

Politik

Selamat Kepada Achmad Marzuki, JPMA: Siap Mengawal dan Mendukung Pj Gubernur Aceh

Politik

Erli Hasim Kantongi Rekomendasi dari DPP Partai Demokrat

Aceh Timur

Diduga KIP Aceh Timur Kurang Transparan Terkait Dana Publikasi, Sejumlah Organisasi Wartawan Desak Polres Dan Jaksa Periksa

Politik

Zakaria A.Gani – Dr. Imran Mendaftar di KIP Pidie

Politik

M Rais: Aminullah Usman, Model Ideal Pemimpin untuk Banda Aceh di Pilkada 2024

Nasional

Menko Hadi : Kondisi Stabilitas Polhukam adalah Hal yang Mutlak

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!