Pantai Ujong Pancu, Kekayaan Wisata Aceh Besar - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Advetorial

Senin, 31 Januari 2022 - 14:22 WIB

Pantai Ujong Pancu, Kekayaan Wisata Aceh Besar

REDAKSI

NOA | Aceh Besar – Aceh Besar memiliki  banyak  lokasi objek wisata. Salah satunya tak jauh dari kota Banda Aceh, pusat kota Provinsi Aceh. Namanya Ujung Pancu. Boleh dikatakan Titik nol Sumatera. Itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan Pantai Ujong Pancu.

Dikatakan  sebagai titik nol Pulau Sumatera, pantai ini menjadi kampung nelayan sekaligus ‘surga’ bagi pemancing. Diselimuti hutan mangrove di bantaran sungai yang bermuara ke pantai tersebut.

Menyuguhkan lansekap lengkap yang memadukan hijau bebukitan di satu sisi dan lautan biru di sisi yang lain.

Dikenal dengan kekayaan bahari, daratan Aceh dibingkai oleh garis pantai yang panjang.Setiap sudutnya menawarkan kemolekan tersendiri.

Pantai Ujong Pancu terletak di  Gam[pong Lampageu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, pantai ini terlihat jauh dari hingar bingar.Dengan pemandangan berupa Pulo Breuh di seberangnya. Pilihan tepat lari sejenak dari hiruk pikuk kota.

Baca Juga :  15 Pemandu Wisata Adventure Aceh Tingkatkan Keahlian ke TNGGP Jabar

“Kalau mau ke Pulo Breuh bisa menumpang kapal nelayan. Jika cuaca bagus perjalanan bisa setiap hari pulang-pergi,” terang warga setempat, Adnan kepada wartawan  yang menyambangi Pantai Ujong Pancu akhir pekan lalu.

Beberapa perahu nelayan merapat di mulut muara. Jika berminat, anda bisa hopping island menyambangi Pulo Breuh yang merupakan salah satu daerah terluar Indonesia.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Soal Pangan Cegah Stunting

Pantai ujung  pancu jadi gerbang wisata bahari nusantara. Cukup merogoh kocek membayar Rp 500 ribu dengan kapasitas 15 orang.Menumpang kapal nelayan yang berlayar saban hari dengan jarak tempuh sekitar 30 menit berlayar.

Kecuali juga Bangkai tsunami berupa puing-puing bangunan dengan mudah didapati di sini. Karena ,Ya, tempat ini termasuk yang paling dahsyat diamuk bencana itu.

Pantai Ujong pancu ditandai dengan tanaman bakau yang mengapit sisi jalan. Jika berangkat dari Simpang Lamteh, Ulee Lheue, Banda Aceh membutuhkan waktu seiktar 15 menit berkendara.

Baca Juga :  Disbudpar Aceh Dorong Peningkatan Profesionalitas Pendamping Desa Wisata

Perbukitan yang berderet di satu sisi, dengan hamparan sawah di bawahnya tak ubahnya lukisan alam.

Sementara di sisi yang lain, sungai yang bermuara ke Pantai Ujong Pancu menyuguhkan pemandangan eksotis, dengan batuan di bibir pantai berlatar Pulo Breuh di kejauhan. Pantai Ujung menjadi sumber kehidupan bagi warganya dan destinasi bagi peminat wisata bahari.

Tempat ini belum banyak dikunjungi pelancong, sehingga gaungnya belum nyaring terdengar ke luar.Namun keindahan Pantai Ujong Pancu dan terutama ketenangan yang ditawarkan bakal membuat pengunjung enggan pulang dan betah berlama-lama di Ujung Pancu. (ADV / Disbudpar Aceh)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Kadisbudpar Aceh Dukung Rencana DKA Buat Program Rumah Belajar Seni

Advetorial

DSI dan Program Mewujudkan Qanun LKS Islami di Seramoe Mekah

Advetorial

Almuniza Harap Firefly Promosikan Wisata dan Budaya Aceh

Advetorial

Arung Jeram Menjadi Primadona Wisata Alam di Pidie

Advetorial

Sensasi Pemandian Wisata Air Terjun Alue Putek Tangse Pidie

Advetorial

Sukses Digelar, Aceh Ramfest 2022 Berdampak ke Pelaku UMKM

Advetorial

Kadisbudpar Aceh Harap Sanggar Cut Nyak Dhien Terus Lestarikan Seni dan Budaya

Advetorial

Tingkatkan Promosi Produk Aceh, Disperindag Akan Laksanakan Business Matching Indonesia (Aceh) – Malaysia (Kedah)

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!