Potensi Pertanian di Gampong Cot Kumbang Nagan Raya - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / News

Minggu, 10 Desember 2023 - 15:38 WIB

Potensi Pertanian di Gampong Cot Kumbang Nagan Raya

REDAKSI

Keuchik Cot Kumbang, Jamali. Foto: dok. Pribadi

Keuchik Cot Kumbang, Jamali. Foto: dok. Pribadi

Nagan Raya – Sektor pertanian menjadi salah satu sektor unggulan di Kabupaten Nagan Raya. Daerah tersebut bahkan pernah menjadi salah satu lumbung beras utama di Aceh.

Kini, Nagan Raya juga dikenal sebagai salah satu penghasil sawit di Aceh. Sebagian lahan persawahan di Nagan Raya bahkan juga beralih fungsi menjadi lahan sawit.

Sementara itu, Keuchik Gampong Cot Kumbang, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Jamali mengatakan bahwa dirinya tetap mendukung penuh masyarakat yang ingin fokus pada bidang pertanian, karena memang menjadi salah satu potensi di daerah.

Keuchik Jamali mengatakan, di desanya ada lahan persawahan yang masih aktif sampai saat ini. Kata Jamali, masyarakatnya masih menanam padi seperti biasa, aliran air di irigasi pun sampai sekarang masih lancar.

Baca Juga :  Tarian Ratep Meusekat Nagan Raya Keluar Sebagai Yang Terbaik

“Karena itu, sesuai permintaan dan kebutuhan masyarakat, kita lebih banyak mengalokasikan anggaran dari dana desa untuk membangun akses ke lahan pertanian,” katanya, saat wawancara dengan Media NOA.co.id, Minggu 10 Desember 2023.

Menurutnya, akses ke lahan pertanian sangat penting karena untuk mendukung dan memudahkan masyarakatnya. “Karena padi memang menjadi salah satu potensi ekonomi bagi masyarakat kita, setidaknya kebutuhan beras warga kita terpenuhi,” ucapnya.

Baca Juga :  Upaya Selamatkan Generasi Dari Bahaya Narkoba, Ipda Vitra, Kami Konsisten, Masyarakat Jangan Takut Lapor

Keuchik Jamali menuturkan, ada sekitar 60 hektar lahan persawahan di desanya yang masih produktif. Untuk itu, ia mengalokasikan dana desa demi mendukung dan memudahkan warganya.

“Sesuai dengan arahan dari Pak Camat, beliau selalu berpesan untuk mendukung program pemeritah dan kebutuhan kebutuhan pembangunan seperit ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut penuturan Keuchik Jamali, Camat Kuala selalu mengingatkan para keuchik untuk memanfaatkan dana desa demi kemajuan negara. Sebab, dana desa memang diberikan untuk membangun Indonesai dari desa.

Dia menambahkan, di Nagan Raya sumber daya pertaniannya memang sangat melimpah. “Dulu bahkan kita sering dengar bahwa daerah kita menjadi salah satu lumbung beras utama di Aceh, maka kita tetap mendukung pemerintah kita dalam hal ini,” katanya.

Baca Juga :  Kontingen Nagan Raya Ramaikan Pawai Budaya di PKA-8

“Mudah-mudahan apa yang kita buat hari ini bisa mempermudah warga dan mempercepat pembangunan daerah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” harap Jamali.

Selain itu, Keuhcik Jamali berterima kasih kepada Camat yang selalu memberikan arahan dan mengingatkan agar penggunaan dana desa menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Pokoknya Pak Camat bilang, dukung program pemerintah demi percepatan pembangunan. Kita diminta mendukung program strategis yang bermanfaat bagi masyarakat,” demikian tandasnya.

Share :

Baca Juga

News

Kasus Covid 'Meledak', Harga Obat Herbal di Korut Meroket

News

Hari Kedua, ASN Setda Aceh Sumbangkan 70 Kantong Darah untuk RSUDZA

News

Dukung Green Tourism, PLN Bangun 27 SPKLU di 5 Destinasi Pariwisata Unggulan

News

Disbudpar Aceh Akan Menggelar Pelatihan Musikalisasi Puisi

News

Rivan Purwantono: Jasa Raharja Tinjau Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran 2022

News

Resmi dilantik Jadi Sekda Aceh, Pospera Minta Bustami Profesional dan Merakyat

News

Pasca Kecelakaan Maut, Traffic Light Simpang Kantor Bupati Abdya Belum Diperbaiki

News

Masyarakat Bubar Paksa Vaksinasi di Komplek PPI Ujung Serangga

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!