Aceh Besar Raih Juara I SP2KP SSe Indonesia Atas Pemberian Informasi Harga - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Pemerintah

Sabtu, 11 November 2023 - 11:23 WIB

Aceh Besar Raih Juara I SP2KP SSe Indonesia Atas Pemberian Informasi Harga

REDAKSI

Kota Jantho – Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih juara terbaik I se Indonesia dalam Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan yg di umumkan pada Raker Nasional SP2KP di Vase Hotel Surabaya, Kamis (9/11/2023).

Menurut Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Trizna Darma ST, mengacu pada UU No. 7/2014 tentang Perdagangan dan Perpres No. 71/2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting), pihaknya diberi tugas dan wewenang untuk menjaga stabilitas harga serta kecukupan ketersediaan bapokting di masyarakat. Dalam upaya mendukung pengendalian inflasi, khususnya melalui pengendalian inflasi pangan.

Baca Juga :  PAN Aceh Besar Resmi Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Pilkada 2024

“Karena itu, kita bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat melakukan pengumpulan serta pelaporan data harga dan stok atau pasokan bapokting secara harian melalui SP2KP, alhamdulillah kita terpilih menjadi yang terbaik,” ucapnya.

Trizna mengatakan, dari laporan tersebut, dapat ditentukan Indeks Harga Produsen (IHP) dan Indeks Harga Konsumen (IHK) oleh Badan Pusat Stastik untuk angka inflasi daerah.

“Dari situlah Pemerintah Pusat menilai angka inflasi daerah, jika hasil laporan tersebut ada kenaikan harga maka bisa dikatakan angka inflasi kita juga masih tinggi, atau jika harga Bapokting yang kita laporkan stabil dan turun, maka pemerintah juga bisa melihat penurunan inflasi daera,” terang Trizna.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Besar Gelar Desiminasi Audit Kasus Stunting

Trizna juga mengatakan, pengendalian inflasi erat kaitannya dengan daya beli masyarakat dan kemiskinan. Sementara itu, andil inflasi bapokting, khususnya pangan cukup tinggi karena merupakan kebutuhan primer dengan proporsi pengeluaran rumah tangga relatif lebih besar dibanding komponen lain.

“Untuk itu, kebijakan serta upaya stabilisasi harga dan ketersediaan bapokting dilakukan secara intensif oleh Pemkab Aceh Besar,” kata Trizna.

Baca Juga :  Wakili Pj Bupati, Sekda Sulaimi Buka Pelatihan GTA Aceh Besar

Ia menjelaskan, prestasi tersebut juga tak luput dari peran Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM, dan kerja keras seluruh jajaran Diskopukmdag Aceh Besar serta OPD terkait lainnya dalam stabilisasi harga dan penurunan inflasi daerah.

“Ini memang berkat kerja keras Pj Bupati Aceh Besar dalam menekan angka inflasi dan stabilisasi harga pasar. Semoga Tahun 2024 bisa mempertahankan prestasi yang telah diperoleh dan menjadi motivasi bagi teman-teman Diskopukmdag dan OPD lainnya,” demikian kata Trizna. (**)

Share :

Baca Juga

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Hadiri Gala Dinner di Meuligo Bupati Nagan Raya

Daerah

Lestarikan Nilai-nilai Kepahlawanan, Kemenkumham Aceh Tabur Bunga di TMP Banda Aceh

Pemerintah

Pj Gubernur Dampingi Irjen Kemendagri Tinjau Stadion Lhong Raya

Aceh Besar

2699 KPM Kecamatan Kuta Cot Glie Terima Beras Cadangan Pangan Pemerintah

Aceh Besar

Karyawan Perumda Tirta Mountala Berikan Zakat Rp 381 Juta Melalui Baitul Mal Aceh Besar

Aceh Barat

Jadi Pembina Upacara Hari Guru, Ini yang Disampaikan Oleh Pj Bupati Aceh Barat

Nasional

Jaksa Agung ST Burhanuddin Melakukan Soft Opening Rumah Sakit Adhyaksa Banten

Aceh Barat

Pj Bunda PAUD Aceh Barat Kembali Kukuhkan Pokja Bunda PAUD Kecamatan Gampong

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!