DPR Aceh Sambut Kunjungan Rektor IAIN Takengon Bahas Riset Peradaban - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Parlementaria

Kamis, 3 Agustus 2023 - 21:44 WIB

DPR Aceh Sambut Kunjungan Rektor IAIN Takengon Bahas Riset Peradaban

REDAKSI

Wakil Ketua DPRA bersalaman dengan Rektor IAIN Takengon usai mendiskusikan tentang peradaban nusantara di Serambi Mekah, Kamis 3 Agustus 2023. Foto: Dok. Istimewa

Wakil Ketua DPRA bersalaman dengan Rektor IAIN Takengon usai mendiskusikan tentang peradaban nusantara di Serambi Mekah, Kamis 3 Agustus 2023. Foto: Dok. Istimewa

Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh menerima kunjungan kerja Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon Zulkarnain bersama Forum Rektor Aceh (FRA), dalam rangka audiensi dengan DePRA.

Pertemuan yang berlangsung di Gedung DPR Aceh pada Kamis 3 Agustus 2023 tersebut untuk mendiskusikan peradaban nusantara di Serambi Mekah.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPR Aceh Saiful Bahri, didampingi Wakil Ketua DPR Aceh Dr. Teuku Raja Keuamangan serta para Ketua Komisi, dari Komisi I sampai Komisi VI.

Sedang FRA, hadir dengan formasi lengkap, seluruh pimpinan perguruan tinggi Negeri di Aceh, sebagai ketua Prof. Herman Fithra.

Baca Juga :  Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi: Transformasi Digital Dalam Agraria Suatu Kebutuhan

Dalam kesempatan itu, Rektor IAIN Takengon Zulkarnain menyampaikan potret dinamika kehidupan Aceh, tidak cukup dilihat pada kondisi saat ini dan proyeksi masa depan. Lebih dari itu, Aceh juga harus dikaitkan dengan kejayaan masa lalu.

“Aceh sebagai serambi Mekah, Aceh digdaya, menginternasional, dan menjadi kiblat tradisi keilmuan dunia, terutama asia tenggara dan asia timur, ini perlu dikaji,” jelas Zulkarnain.

Dia melihat kedigdayaan Aceh sepertinya memudar. Saat ini, kilomenter nol peradaban Islam Nusantara monumennya tidak di Serambi Mekah. Hal tersebut, secara langsung memberi efek terhadap pengkajian peradaban Keislaman Nusantara.

Baca Juga :  DPRA Apresiasi SE Gubernur untuk Penegakan Syariat Islam

“Kami berharap bapak-ibu di DPRA mendorong program dan anggaran untuk penelitian dan pengkajian perdaban Islam Nusantara di Serambi Mekah ini, biaya tersebut dialokasikan pada Perguruan Tinggi di Aceh, dilaksanakan secara kolaboratif, hasilnya dipublikasi dan diupayakan menjadi referensi bagi generasi muda melalui dunia pendidikan, sehingga pemahaman sejarah serambi Mekah terbentang dan terurai secara baik,” paparnya.

Selain itu, dalam menata Aceh masa kini dan masa depan, diperlukan juga program dan anggaran yang fokus mendukung pelaksanaan empat pilar kekhususan Aceh. Empat pilar kekhususan itu mencekup, pelaksanaan kehidupan keagamaan baca Syari’at Islam, adat, pendidikan dan peran ulama dalam pembangunan di Aceh. Serta sejumlah kanun turunannya.

Baca Juga :  DPR Aceh Apresiasi Sikap Pemerintah Terkait Rumoh Geudong

“Keseriusan mengaplikasikan empat pilar kekhususan Aceh, baik oleh eksekutif, legislatif, yudikatif, ulama-cendikia, dan budayawan Aceh, secara sinergis dan kolaboratif, dapat menekan munculnya beragam problem sosial, seperti, dekadensi moral, rendahnya mutu pendidikan, rendahnya pendapatan masyarakat miskin dan lainnya,” ujarnya.

“Semua problem sosial itu dapat diupayakan solusinya. Solusi yang lahir dari musyawarah (kolaborasi-sinergi), berpikir dan berkarya untuk mewujudkan visi Aceh dan visi Indonesia Raya,” demikian Zulkarnain.

Share :

Baca Juga

Parlementaria

Tindaklanjuti Permintaan Walhi Aceh, Pansus DPRA Segera Panggil Pihak Medco

Parlementaria

Ketua DPRA Minta Gubernur Aceh Segera Tetapkan Lokasi Venue Utama PON 2024

Aceh Besar

Ketua DPRK Aceh Besar Bangga Pemkab Raih Opini WTP ke-12 Kali Berturut-turut

Parlementaria

Safaruddin Beri Hadiah Liburan ke Pemenang Agam – Inong Aceh

Parlementaria

DPRA Setujui Laporan Pertanggungjawaban APBA 2022

Parlementaria

Wakil Pimpinan DPRA Hadiri Sidang Tahunan MPR

Parlementaria

Anggota DPR Aceh Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Langkahan

Parlementaria

Sidang Paripurna di DPRA, Aceh Raih WTP Ke 8

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!