Pj Bupati Mahdi Efendi: Aceh Barat Berkomitment Kuat Berantas Narkoba - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Aceh Barat

Selasa, 14 Februari 2023 - 16:48 WIB

Pj Bupati Mahdi Efendi: Aceh Barat Berkomitment Kuat Berantas Narkoba

REDAKSI

MEULABOH – Pemkab Aceh Barat memiliki komitment kuat untuk pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Bumi Teuku Umar, dengan menjalin sinergitas bersama lintas sektor. Secara internal, Pemkab Aceh Barat telah melakukan tes urine terhadap seribuan aparatur sipil negara (ASN) di jajaran Pemkab Aceh Barat, sebagai upaya pencegahan dini terhadap penyalahgunaa narkoba dan psikotropika.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Brigjen Pol Ir Sukandar MM, di Meuligoe Bupati Aceh Barat, Senin (13/02/2023) tadi malam.

Kunjungan Kepala BNNP Aceh bersama rombongan ke Kabupaten Aceh Barat, bertujuan untuk memperkuat silaturahmi dan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dengan BNN Provinsi Aceh, dalam upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkotika di wilayah Kabupaten Aceh Barat.
Menurut Pj Bupati Mahdi, Pemkab Aceh Barat memiliki komitmen kuat dalam pemberantasan penyalahgunaan narkotika, salah satunya dengan menyediakan bangunan kantor persiapan berdirinya Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Aceh Barat, dan bangunan rehabilitasi di Gampong Beuregang, Kecamatan Kaway XVI, sebagai syarat agar BNNK dapat berdiri di Bumi Teuku Umar.

Baca Juga :  DPRK Aceh Barat Gelar Paripurna Pemberhentian Wakil Bupati Aceh Barat

Kabupaten Aceh Barat sendiri, lanjut Mahdi, memiliki rekam jejak besar dalam perkara tindak pidana penyalahgunaan narkotika, yaitu penangkapan kepemilikan 1,2 ton sabu oleh Mabes Polri di wilayah Aceh Barat pada tahun 2021 lalu. “Dalam kasus itu tersangkanya sebanyak 10 orang dan 7 orang diantaranya telah divonis dengan hukuman penjara seumur hidup pada tahun 2022 lalu,” tutur Mahdi.

Pj Bupati Aceh Barat itu menambahkan, indeks kasus penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Aceh Barat terus menurun. Terbukti pada tahun 2022 lalu, Polres Aceh Barat, berhasil mengungkap 38 kasus penyalahgunaan narkoba. Jumlah ini menunjukkan penurunan dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 54 kasus dan pada tahun 2020 sebanyak 47 kasus.
Dari sisi pemberantasan dan pencegahan, Kata Mahdi, Pemerintah bersama Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Aceh Barat turut terlibat dalam proses pemusnahan barang bukti yang dilakukan Kejaksaan Negeri dan Polres Aceh Barat.

“Selain itu, BNK Aceh Barat juga telah membuat film dokumenter sebagai bahan persentasi pada tahun 2022 lalu, dan kini telah digunakan di setiap instansi pemerintah dan satuan pendidikan dalam menyuarakan gerakan pencegahan penyalahgunaan narkoba,” ujar Mahdi.

Baca Juga :  Gelar Pelantikan Al Jam’iyatul Washliyah, ini kata Pemkab Aceh Barat !

Komitmen pencegahan penyalahgunaan narkoba juga ditunjukkan dengan melaksanakan tes urine kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak lebih kurang 1.200 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga kontrak, serta kepada masyarakat dengan catatan sebanyak 231 tes urine.
Sebagai bentuk sosialisasi rutin, pihaknya juga telah menandatangani MoU bersama Radio Republik Indonesia (RRI) Meulaboh, untuk berperan aktif melaksanakan siaran gerakan anti narkotika setiap bulannya. “Pola kerja sama serupa juga dilakukan dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Panglima Laot Aceh Barat dan unsur kepemudaan dari KNPI Aceh Barat, sebagai kelompok masyarakat yang turut membantu menyuarakan upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika,” terang Mahdi.

Sosok nomor di Pemkab Aceh Barat itu berharap agar BNNP Aceh terus memberikan dukungan, saran dan masukan dalam setiap upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Kabupaten Aceh Barat, sekaligus turut merekomendasikan agar berdirinya kantor BNNK Aceh Barat dapat menjadi prioritas dalam rencana program ke depan.
Sementara itu, Kepala BNNP Aceh, Sukandar, menyampaikan, pihaknya mendukung penuh usulan pembentukan BNNK di Kabupaten Aceh Barat, guna memperkuat upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Giliran Ikamabar Jakarta Apresiasi Pj. Bupati Aceh Barat Menonaktifkan Pejabat Melanggar Kode Etik

Ia menuturkan ada delapan Kabupaten yang telah mengusulkan untuk pembentukan BNNK di Aceh, salah satunya adalah Kabupaten Aceh Barat. Untuk itu, ia meminta Kabupaten Aceh Barat untuk bisa segera melengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan, seperti penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Sukandar berharap pertemuan itu bisa menjadi momentum untuk memperkuat sinergitas bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan Narkotika di Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut unsur Forkopimda Aceh Barat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Barat Marhaban SE, para asisten dan staff ahli Bupati, Kepala BNNK se Aceh, serta Kepala Plh. BNK Aceh Barat. **

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Aceh Barat Terbaik se-Aceh dalam Penegakan dan Perlindungan HAM

Aceh Barat

Aceh Barat Terima Anugrah Perencanaan dan Pencapaian Daerah di Aceh Tahun 2023

Aceh Barat

Pj Ketua PKK Aceh Barat Lantik Ketua TP PKK Enam Kecamatan

Aceh Barat

Pj Bupati Aceh Barat Hadiri Pelaksanaan Posyandu Terintegrasi Perdana
diskominsa-aceh

Aceh Barat

Tingkatkan Penerapan Keterbukaan Informasi Publik dan Potensi Gampong, Diskominfo Aceh Gelar Pertemuan KIG

Aceh Barat

Wakili Pj Bupati Aceh Barat, Sekda Lantik Pengurus Besar MABAB Periode 2022 – 2025

Aceh Barat

Kepala Dinas Kominsa Aceh Barat Lepas Mahasiswa Program Magang MBKM UTU 2023

Aceh Barat

PEMA UTU Audiensi dengan Pj Bupati Aceh Barat

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!