Pengamat: Adanya Transportasi Kereta Api Membantu Aceh Keluar dari Daftar Provinsi Termiskin di Sumatera - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Nasional

Jumat, 3 Februari 2023 - 18:17 WIB

Pengamat: Adanya Transportasi Kereta Api Membantu Aceh Keluar dari Daftar Provinsi Termiskin di Sumatera

REDAKSI

JAKARTA – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Aceh, Jumat, 3 Februari 2023.

Menhub bersama Pj Gubernur Aceh melakukan Rapat Koordinasi Sektor Transportasi antara Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Aceh di aula Serba Guna Kantor Gubernur Aceh. Rakor itu diikuti oleh seluruh mitra kerja perhubungan yang ada di Aceh, serta seluruh Kepala Dinas Perhubungan dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh.

Terkait Kunjungan tersebut menjadi sorotan hangat pengamat ASEAN Studies Muhammad Ichsan dimana ia turut menyinggung Insfrastruktur Kereta Api Serambi Mekkah yang tak kunjung rampung hingga memasuki tahun 2023

Baca Juga :  Mendag, Indonesia Perlu Mengantisipasi Tren Pelemahan Perekonomian Global  

Menurutnya, Infrastruktur Kereta Api Aceh jika rampung dan serius diperhatikan pemerintah pusat maka dapat membantu masyarakat Aceh keluar dari kemiskinan. “Aceh masih menduduki peringkat 1 Provinsi Termiskin di Sumatera dilihat dari Infrastruktur saja kita tertinggal terutama jalur kereta api kita. Sebenarnya ini menjadi kunci kemiskinan di Aceh akan dapat berkurang jika transportasi vital ini hidup kembali,” ungkapnya kepada media 3 Februari 2023.

Baca Juga :  Kabar MA Bakal Kabulkan PK KSP Moeldoko, SBY ke Kader Demokrat: Jika Keadilan tak Datang, Kita Berhak Memperjuangkannya

Magister jebolan Universitas Indonesia tersebut menambahkan adanya kereta api pula dapat mempercepat penyaluran kebutuhan masyarakat antara provinsi Aceh dan Sumut.

“Saat kereta api masa Belanda hidup Aceh tak miskin – miskin amat karena kebutuhan masyarakat cepat tersedia berkat jasa kereta api. Selain murah supply-nya juga cepat tanpa hambatan kala itu,” terangnya.

Baca Juga :  Kejati Kep. Bangka Belitung Berhasil Mengamankan Pengusaha Timah

Kunjungan Menhub RI kali ini ia berharap dapat memprioritaskan penyelesaian jalur kereta api Aceh yang sudah mangkrat puluhan tahun tersebut dan membantu masyarakat provinsi Aceh keluar dari presentase termiskin di Sumatera “Semoga Kemiskinan di Aceh menurun membantu mengurangi pengangguran serta keluar dari cap sebagai provinsi termiskin di Sumatera berkat adanya Infrastruktur perkeretaapian,” tutupnya. (M. Ikhsan)

Share :

Baca Juga

Nasional

KPK Dorong 24 Pemda di Provinsi Aceh Tingkatkan Indeks MCP 2024 

Nasional

Ketua Umum Swadaya Buka Mubes IMS ke-13

Nasional

Kejagung Menetapkan dan Melakukan Penahanan Tersangka BHL

Nasional

Inflasi YoY Mei 2024 Sebesar 2,84 Persen, Plt. Sekjen Kemendagri Tekankan soal Pemantauan Distribusi Komoditas Impor

Nasional

Komunitas Kota Langsa Ikuti Gathering “Unity in Diversity”

Nasional

Perwakilan Dosen Jam’iyatul Washliyah Goes To Kuala Lumpur

Nasional

Kota Banda Aceh Juara Umum LKS Provinsi Aceh 2021

Nasional

Kemenko Polhukam : Bagaimana Permen ATR Nomor 14 Tahun 2024 dapat diimplementasikan segera mungkin

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!