Jelang Ramadan, KADIN Abdya Minta Perbankan Cairkan KUR 2023 - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / News

Rabu, 4 Januari 2023 - 16:26 WIB

Jelang Ramadan, KADIN Abdya Minta Perbankan Cairkan KUR 2023

REDAKSI

Koordinator KOBAR Abdya, Elizar Lizam

Koordinator KOBAR Abdya, Elizar Lizam

Aceh Barat Daya – Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh Barat Daya meminta perbankan di kabupaten setempat untuk dapat mencairkan kredit usaha rakyat (KUR) di tengah para pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sedang bangkit setelah pandemi Covid-19 serta menjelang ramadan tahun 2023.

“Disaat para pelaku UMKM ini sedang bangkit setelah terpuruk karena pandemi Covid-19 serta menjelang ramadan yang merupakan kesempatan para pelaku UMKM untuk bangkit, kita harus mendukung, untuk itu kami minta pihak perbankan untuk dapat mencarikan KUR tahun 2023,” kata Ketua Kadin Abdya, Hasrul Hasan, Rabu (4/1/2023) di Blangpidie.

Menurutnya, dukungan pihak perbankan sangat penting dalam menumbuhkan kembali para pelaku UKM dan UMKM yang sempat terpuruk di tengah pandemi Covid-19, apalagi menjelang ramadan dan hari raya.

Baca Juga :  Cuan, Penjualan Timah MSP Sepanjang 2021 Naik hingga 74 Persen

“Pada bulan puasa dan hari raya, di Aceh khususnya, geliat perekonomian sangat terasa, permintaan kebutuhan rumah meningkat tajam, begitu juga kebutuhan hidup lainnya,” kata Hasrul Hasan.

Permintaan dari konsumen ini, katanya, tentu akan dipenuhi oleh penjual (pelaku UKM dan UMKM). “Disinilah pentingnya dukungan dari perbankan, karena biasanya para pelaku ekonomi UMKM ini terkendala dalam bidang permodalan. Mereka punya kemauan untuk menyediakan permintaan pasar saat menjelang puasa dan idul fitri ini, namun modal menjadi kendalanya,” sebut Hasrul.

Baca Juga :  Pemdes Jabi Jabi Barat Salurkan BLT

Karena itu, tegas Kadin Abdya, perbankan harus segera menyalurkan KUR 2023 agar pedagang UMKM bisa menyiapkan diri untuk menyediakan barang-barang kebutuhan rumah tangga dalam menyambut ramadan dan idul Fitri tahun ini.

“Kita di Abdya ada Bank Aceh Syariah dan Bank Syariah Indonesia, pada kedua perbankan ini, kami sangat mengharapakn agar menyalurkan KUR secepatnya, tentunya dengan proses-proses yang memudahkan,” tuntas Hasrul Hasan.

Senada Hasrul Hasan, Kordinator Komunitas Bisnis Andalan Rakyat (KOBAR) Abdya, Elizar Lizam,SE menyebutkan, Blangpidie sebagai pusat perdagangan dan 2 pusat pertumbuhan ekonomi lainnya di Manggeng dan Babahrot akan didatangi oleh pembeli dari kabupaten tetangga menjelang puasa dan hari raya.

Baca Juga :  Soft Launching Stasiun Matraman, Menhub: Pelayanan Harus Prima!

“Kedatangan para pembeli dari kabupaten tetangga ini tentukan akan berdampak pada meningkatnya permintaan pasar, ini akan membuat pedagang kuwalahan bila tidak ada modal, karena itu pedagang sebagai pelaku UMKM ini harus dibantu dengan KUR, margin pembiayaan pada program KUR ini sangat rendah hanya 0,5 persen perbulan,” kata Adun sapaan akrabnya.

Pelaku usaha ini, kata Adun, juga sebagai penopang ekonomi RI melalui insentif bagi penyaluran KUR. “Hal inilah yang mendorong kita untuk meminta pihak perbankan mencairkan KUR sebagai dorongan pemulihan sektor UMKM,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Kunker ke Aceh, Wapres Agendakan Beragam Kegiatan

News

Pemerintah Ajak Masyarakat Aceh di Perantauan Manfaatkan Organisasi OTP-TIM Jadi Wadah Perkokoh Kekeluargaan

News

Mengenang Bencana Tsunami dan Gempa Pidie Jaya, Kemenag Pidie Jaya Gelar Zikir Akbar

News

Polda Aceh Siapkan 188 Personel untuk Pengamanan Musprov VII Kadin

News

Sekda Aceh Dianugerahi Award Birokrat Berdedikasi dan Berintegrasi oleh SMSI

News

Data BPS : Ekonomi Aceh Tumbuh Dengan Migas 4,21 Persen, Tanpa Migas Tumbuh 3,80 Persen

News

Kemendagri Tegaskan Pj Gubernur Aceh Bukan Perwira TNI Aktif

News

16 Tim di Kecamatan Lembah Sabil Ikut Piala Dansatgas TMMD

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!