Pj Bupati: Angka Inflasi di Kota Meulaboh Turun pada November 2022 - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / Aceh Barat

Jumat, 2 Desember 2022 - 08:29 WIB

Pj Bupati: Angka Inflasi di Kota Meulaboh Turun pada November 2022

REDAKSI

MEULABOH – Setelah adanya aksi kongkret yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama stakeholder lainnya, angka inflasi Kota Meulaboh pada Bulan November 2022 berhasil diturunkan (deflasi) month to month (mtm) sebesar 0,62 persen.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi, dalam rapat perkembangan inflasi daerah Bulan November 2022 yang dihadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Barat serta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) terkait di ruang rapat Bupati, Kamis (01-12-2022).

Mahdi menjelaskan deflasi di Kota Meulaboh terjadi karena adanya penurunan harga sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, dimana andil deflasi tertinggi diberikan oleh kelompok makanan.

Kota Meulaboh sendiri, kata dia, menjadi kota dengan deflasi tertinggi yakni sebesar 0,62 persen dibandingkan dengan Kota Banda Aceh sebesar 0,11 persen, dan Kota Lhokseumawe sebesar 0,36 persen tuturnya.

Baca Juga :  Aceh Barat Raih Penghargaan Terbaik II Nasional Pembangunan Daerah Tahun 2023

Mahdi menambahkan beberapa Komoditas yang memiliki andil/sumbangan dominan terhadap deflasi month to month Kota Meulaboh, antara lain, cabai merah sebesar 0,2092 persen, ikan kembung sebesar 0,1669 persen, ikan dencis sebesar 0,1640 persen, ikan tuna sebesar 0,0463 persen dan udang basah sebesar 0,0381 persen paparnya.

Menurutnya, pasar murah dan operasi pasar yang selama ini telah dilaksanakan di Kabupaten Aceh Barat, memberikan andil besar dalam menurunkan angka inflasi di Kota Meulaboh. Untuk itu, di bulan Desember harga yang mulai turun ini harus bisa dijaga karena dikhawatirkan di bulan Desember dan Januari, pergerakan harga sangat cepat terutama untuk barang-barang yang dipasok dari Sumatera Utara, karena pada bulan tersebut akan ada libur Natal dan tahun baru yang menyebabkan pasokan barang ke Aceh Barat menjadi terbatas ujarnya.

“Apalagi di Aceh ada tradisi Maulid yang membuat permintaan pasar tinggi, jadi pasokan harus kita jaga agar harga barang bisa tetap stabil” tambah Mahdi.

Baca Juga :  MPU Aceh Barat Gelar Pendidikan Kader Ulama ke – X

Pemkab Aceh Barat sendiri, kata Mahdi, terus berupaya menurunkan angka inflasi di Kota Meulaboh dengan berbagai langkah-langkah kongkret, antara lain menggelar pasar murah dengan subsidi per komoditi sebesar 40 persen, mengadakan operasi pasar, serta menjaga stabilitas harga dan memastikan ketersediaan stok pangan dipasaran tercukupi.

Selain itu, ia juga akan memperkuat komposisi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Aceh Barat dengan melibatkan unsur TNI/Polri dan unsur terkait lainnya guna bersinergi dan konsisten dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya masing-masing yang nantinya setiap rencana aksi yang dilaksanakan akan dilaporkan secara berjenjang, mulai dari Bupati, Gubernur, hingga ke Kementerian.

Disamping itu, pihaknya juga akan membangun dan mengoptimalkan kembali lumbung-lumbung pangan yang ada di desa, memantau dan mengawasi penyaluran BBM subsidi di setiap SPBU agar tepat sasaran, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Aceh terkait persediaan seluruh komoditas pangan strategis, serta mengintensifkan jaringan pengaman sosial seperti anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dan anggaran Desa paparnya.

Baca Juga :  Bupati Aceh Barat Buka Penyuluhan Redistribusi Tanah HKB Kategori III Tahun 2022

Menurut Mahdi, menstabilkan inflasi daerah memerlukan kerjasama dan kolaborasi yang baik dari semua pihak. Yang terpenting adalah intervensi dan peran aktif dari seluruh SKPK sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Ia yakin dengan bekerja secara terpadu, efektif dan efisien, laju inflasi di Kabupaten Aceh Barat akan bisa dikendalikan dan distabilkan dengan baik tandasnya.

Diketahui, tingkat inflasi year to date (ytd) Pada bulan November 2022 yaitu sejak Januari hingga November 2022 di Kota Meulaboh adalah sebesar 5,53 persen, turun dari 6,19 persen pada bulan Oktober 2022. Sedangkan, tingkat inflasi year on year yakni bulan November 2021 s/d November 2022 di Kota Meulaboh sebesar 6,38 persen, turun dari 7,56 persen pada bulan Oktober 2022.

Share :

Baca Juga

penjabat-bupati-aceh-barat

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Siap Implementasikan Komitmen Pemberantasan Korupsi dengan KPK RI

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Raih Penghargaan UHC yang Diserahkan oleh Wapres RI

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Resmikan Gedung Baru Yayasan Teuku Chik Lila

Aceh Barat

Dinkes Aceh Barat Tegaskan Pentingnya Imunisasi untuk Masyarakat

Aceh Barat

Usung Tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, Sekda Aceh Barat Sampaikan Ini Pada Hari Ibu

Aceh Barat

Tinjau Langsung Pasar Murah, Mahdi Efendi: Upaya Untuk Menjaga Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok

Aceh Barat

1.530 Peserta Fun Bike Bertajuk Spirit Teuku Umar Johan Pahlawan Dilepas, Ini Kata Pj. Bupati Aceh Barat

Aceh Barat

Sekda Aceh Ke Aceh Barat, Langsung Disambut Bupati H. Ramli MS 

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!