Radiasi Tinggi Chernobyl Dipicu Tentara Rusia Masuki Hutan Terlarang - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / News

Sabtu, 9 April 2022 - 14:30 WIB

Radiasi Tinggi Chernobyl Dipicu Tentara Rusia Masuki Hutan Terlarang

REDAKSI

DUNIA, NOA

Tentara Ukraina terkejut karena menemukan tingkat kontaminasi radioaktif yang tinggi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl. Kawasan di Ukraina itu sempat dikuasai tentara Rusia sebelum meninggalkannya.

Temuan tersebut diungkap seorang tentara Ukraina yang memasuki ruangan dan mendapati alat pengukur radiasi berbunyi cukup kencang. Di ruangan yang menjadi tempat tinggal pasukan Rusia tersebut, tingkat radiasi tampak lebih tinggi dari biasanya.

Dilansir dari CNN, Otoritas Ukraina mengatakan tidak ada material yang tampak menghasilkan tingkat radiasi tinggi di ruangan. Menurut mereka, peningkatan radiasi ini diakibatkan partikel kecil dan debu yang biawa tentara Rusia ke dalam bangunan.

“Mereka pergi ke Hutan Merah dan membawa bahan radioaktif kembali dengan sepatu mereka,” kata seorang tentara bernama Ihor Ugolkov.

Baca Juga :  Putin Bersedia Bertemu Zelensky dengan Syarat

“Tempat lain baik-baik saja, tetapi radiasi meningkat di sini, karena mereka tinggal di sini,”imbuhnya.

Menurut laporan Reuters, asal mula nama Hutan Merah karena pohon pinus di area seluas puluhan kilometer persegi berubah menjadi merah setelah menyerap radiasi saat bencana nuklir terjadi di reaktor Chernobyl pada 1986.

Area itu merupakan zona terlarang karena berada di wilayah yang tingkat radioaktifnya tinggi.

Seorang staf di PLTN Chernobyl menjelaskan tingkat radiasi di dalam ruangan yang digunakan oleh tentara Rusia hanya sedikit di atas apa yang oleh Asosiasi Nuklir Dunia digambarkan sebagai radiasi alami. Kontak satu kali tidak akan membahayakan, tetapi paparan terus menerus akan menimbulkan bahaya kesehatan.

Baca Juga :  VIDEO: Serangan Rusia Hantam Kharkiv, 10 Tewas Termasuk Bayi

“Mereka pergi ke mana-mana, dan mereka juga membawa debu radioaktif [ketika mereka pergi],” ujar Ugolkov.

Ukraina menyebut ini adalah salah satu contoh dari perilaku ceroboh tentara Rusia saat mereka beraktivitas di PLTN Chernobyl.

Pasalnya, Hutan Merah masih merupakan daerah yang paling terkontaminasi nuklir di planet ini, dengan sebagian besar partikel radioaktif ada di tanah.

Pejabat Ukraina telah merilis rekaman drone penggalian parit oleh tentara Rusia di daerah tersebut yang sangat radioaktif.

Tentara Rusia menduduki Chernobyl selama sebulan dan pada periode tersebut diperkirakan banyak beroperasi di daerah yang terkontaminasi.

“Ini gila, sungguh. Saya benar-benar tidak tahu mengapa mereka melakukannya (pergi ke Hutan Merah),” ujar Menteri Energi Ukraina German Galushchenko.

Baca Juga :  Cabuli 8 Santriwati, Pimpinan Ponpes Miftahul Jannah Diamankan Polisi

“Tapi kita bisa melihat mereka masuk ke sana, tentara yang pergi ke sana, kembali ke sini dan tingkat radiasi meningkat,” tambahnya.

Meski Chernobyl bukan pembangkit listrik aktif, sarkofagus di atas reaktor yang meledak hampir 36 tahun lalu itu perlu dirawat agar tidak terjadi kebocoran radiasi lebih lanjut. Kemudian ada juga sejumlah besar bahan bakar nuklir bekas yang perlu dijaga.

“Peti itu seharusnya memiliki listrik, itu seharusnya memiliki sistem ventilasi dan sebagainya,” jelas Galushchenko.

“Ketika negara tidak dapat mengendalikan ini, dan kami bertanggung jawab, Ukraina bertanggung jawab atas keamanannya, dan tentu saja, itu adalah ancaman,” imbuhnya.

(lom/sur)

[Gambas:Video CNN]

Sumber Berita

Share :

Baca Juga

News

Menteri Basuki Sebut Naik ke Candi Borobudur Harus Pakai Guide

News

ASN Rumah Sakit Jiwa Aceh Donorkan 55 Kantong Darah

News

Indonesia Kerap Impor Beras dari 4 Negara Ini, Puluhan Ribu Ton Mengalir

News

Buka Aceh Travel Mart 3.0, Pemerintah Aceh Targetkan 2,5 juta Wisatawan

Nasional

Pemerintah Aceh Siap Terima Investasi Perusahaan asal Abu Dhabi

News

Raksasa Farmasi, Pfizer Kasih Gaji CFO Baru Rp17,89 Miliar

News

Wakili Sekda, Asisten III Serahkan SK Kenaikan Pangkat dan Pensiun ASN 4 Kabupaten

News

ASN Kembali Dingatkan Untuk Tak Terlibat Politik Praktis

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!