Terima Kunjungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Ramli MS: Akan Terus Mengoptimalkan Serapan APBN - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / News

Rabu, 22 September 2021 - 14:36 WIB

Terima Kunjungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Ramli MS: Akan Terus Mengoptimalkan Serapan APBN

REDAKSI

Bupati Aceh Barat H. Ramli MS saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, Syafriadi, SE., M.Ec., Ph.D beserta jajarannya.

Bupati Aceh Barat H. Ramli MS saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, Syafriadi, SE., M.Ec., Ph.D beserta jajarannya.

NOA l Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terus berupaya untuk mengoptimalkan penyerapan APBN di daerah.

Penyerapan APBN tersebut dengan menggenjot penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat melalui Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Hal tersebut di sampaikan oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, Syafriadi, SE., M.Ec., Ph.D beserta jajarannya.

Kunjungan itu dalam rangka membahas percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di daerah yang di gelar di ruang rapat Bupati Aceh Barat, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya, dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala yang mesti segera di selesaikan guna mendorong percepatan penyaluran TKDD tersebut yang merupakan bagian dari belanja Negara yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah dan desa.

Baca Juga :  Gubernur Hadiri Pengukuhan Susunan Organisasi Kadin Aceh

Untuk itu, ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan koordinasi bersama SKPK terkait termasuk dengan inspektorat guna menuntaskan segala permasalahan yang dapat menghambat penyaluran TKDD tersebut.

“Sehingga diharapkan penyerapan APBN di daerah dapat segera direalisasikan dengan cepat hingga mencapai 100 persen,” ucap Ramli MS.

Selain itu, Ramli MS juga mengatakan bahwa pencairan dana desa dan BLT tahap 2 dan 3 akan terus dikebut penyalurannya guna membantu perekonomian masyarakat Aceh Barat di tengah kondisi sulit akibat pandemi Covid 19 saat ini.

“Kami menargetkan, awal Oktober nanti penyaluran dana desa dan BLT diharapkan sudah rampung,” imbuh Ramli MS.

Di samping itu, sebagai upaya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, Ramli MS menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat dengan cara mempermudah akses bagi para pelaku UMKM tersebut dalam hal pembiayaan dan perizinan.

Baca Juga :  Ke Gintong, Sekda Pidie Bantu Korban Kebakaran

Menurutnya, UMKM mempunyai peranan penting dalam menopang perekonomian serta menurunkan tingkat pengangguran di daerah selama masa pandemi.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada semua pihak agar terus bekerja keras serta membangun sinergitas yang baik antar lini pemerintahan guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, Syafriadi, SE., M.Ec., Ph.D, menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan salah satu bentuk silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sekaligus membahas progres pengelolaan dana APBN di daerah.

Safriadi mengatakan, salah satu bagian terpenting dari belanja negara tersebut adalah penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang meliputi Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan nonfisik, Dana otsus, Dana Insentif Daerah (DID), serta dana desa.

Baca Juga :  Gagalkan Peredaran 9,4 Kg Sabu, Kapolres Lhokseumawe dan 14 Personel Dapat Penghargaan Dari Kapolda Aceh

Menurutnya, di beberapa sektor, serapan APBN di Kabupaten Aceh Barat sudah cukup bagus seperti pada penyaluran DAK fisik, Dana DBH, serta dana desa sehingga diharapkan hal tersebut dapat menggerakkan perekonomian daerah dengan meningkatnya daya beli masyarakat.

Ia berharap pemerintah daerah dapat segera merealisasikan percepatan penyaluran TKDD tersebut hingga mencapai 100 persen di akhir tahun nanti agar dapat membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid 19.

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Kepala KPPN Meulaboh bersama dengan para kepala SKPK terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.(RED).

Share :

Baca Juga

News

Business Matching Tahap Dua Targetkan Belanja Produk Lokal Rp500 Triliun

News

Komunitas Warga Pante Ceureumen di Meulaboh Galang Santunan Anak Yatim

News

Petugas Penyelenggara Haji Embarkasi Aceh Dilantik

News

Wabup Pimpin Rapat Panitia Persiapan Maulid di Pidie

News

Malam Ini, Husni Al Muna dan Ratusan Pemain Rapai Meriahkan Aceh Perkusi 2022

News

Sukseskan Haul Abuya Muda Waly ke-63, Ansor Banser Komit Jaga Ulama

News

Lepas Peserta FASI, Pj Bupati Sesalkan Minimnya Anggaran

News

Yuk Identifikasi Kondisi Finansial Anda Bersama MotionBanking

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!