Tingkatkan Keterampilan Pelaku Usaha, DPMPTSP Aceh Tenggara Gelar Pelatihan Online Single Submission - NOA.co.id
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3737086233511293
   

Home / News

Rabu, 14 Juni 2023 - 00:13 WIB

Tingkatkan Keterampilan Pelaku Usaha, DPMPTSP Aceh Tenggara Gelar Pelatihan Online Single Submission

REDAKSI

NOA | Aceh Tenggara – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Aceh Tenggara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pelatihan Online Single Submission (OSS) dengan pendekatan Rencana Bisnis Aplikasi (RBA) bagi para pelaku usaha di Aceh Tenggara.

Kegiatan ini berlangsung di salah satu hotel di Kutacane selama dua hari, Senin (12/6/2023), dan dihadiri oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Aceh Tenggara, Edy Suvriadi, Sementara nara sumber yang ditugaskan Kementerian Investasi/BKPM RI khusus di Provinsi Aceh Dani Syahputra, S.Kom.

Pelatihan OSS RBA ini diikuti oleh 50 orang pelaku usaha yang terdiri pelaku usaha mikro dan makro yang tersebar di wilayah Aceh Tenggara.

Baca Juga :  Pasca Penganiayaan Oknum Sat Pol PP-WH, Keluarga Korban Minta Ketua DPRK Kota Banda Aceh Turun Tangan

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku usaha dalam menggunakan sistem OSS dan memanfaatkan fitur-fitur RBA guna meningkatkan produktivitas dan kemudahan berusaha.

Kepala DPMPTSP Aceh Tenggara, Edy Suvriadi, dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mendukung pengembangan bisnis di era digital saat ini. Ia menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan OSS, para pelaku usaha dapat mengajukan izin usaha secara online dengan proses yang lebih cepat dan efisien.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya penggunaan RBA sebagai alat untuk menyusun rencana bisnis yang komprehensif dan terstruktur sehingga dapat memberikan panduan yang jelas dalam mengelola usaha.

Baca Juga :  Rusia Ogah Finlandia-Swedia ke NATO hingga Kim Jong-un Hancurkan Hotel

“Dengan adanya OSS cukup membantu para pelaku usaha, jadi tidak perlu ke kantor untuk pengurusan izin usaha, dengan adanya perubahan modal penerbitan perizinan berusaha dari cara manual ke dalam sistem secara elektronik menuntut aparatur sipil negara selaku administrator serta pelaku usaha sebagai pihak yang berkaitan dengan pelayanan perizinan berusaha untuk beradaptasi dengan sistem yang baru,” Katanya.

Para peserta pelatihan diberikan pemahaman mendalam tentang prosedur pengajuan izin usaha melalui sistem OSS, termasuk pengisian formulir, pengunggahan dokumen, dan monitoring status pengajuan.

Mereka juga diajarkan cara menggunakan fitur RBA untuk menyusun rencana bisnis yang meliputi analisis pasar, strategi pemasaran, proyeksi keuangan, dan manajemen risiko.

Baca Juga :  Terima Tamu Mantan PM Inggris Tony Blair, Luhut Bahas Peluang Investasi dan Ibu Kota Baru RI

Kemudian Pelaksana Kegiatan Abdul Razak, SE mengatakan, melalui kegiatan pelatihan OSS RBA dapat memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pelaku usaha sebagai pengguna layanan perizinan berusaha sehingga tujuan yang ingin dicapai yaitu kemudahan berusaha dapat dicapai, Katanya.

DPMPTSP Kabupaten Aceh Tenggara berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelaku usaha.

Pelatihan OSS RBA ini menjadi langkah nyata dalam meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi dalam berusaha di Provinsi Aceh terutama Kabupaten Aceh Tenggara.

Editor: Musnizar

Share :

Baca Juga

Nasional

Ombudsman Mengawasi Penerimaan Anggota Polri, Proses Berjalan Aman dan Lancar

News

Pameran KUMKM Se-Aceh Akan Digelar, Ini Lokasinya

News

Kadisnak Aceh Gelar Raker, Bahas Stabilitas Harga Daging Jelang Ramadhan

News

Detik-detik Penangkapan Frank James, Pelaku Penembakan Kereta New York

News

Apa yang Terjadi Jika Negara Bangkrut? Serem Nih…

News

BNNK Pidie Jaya Gelar Baksos Di Mesjid Tgk Di Pucok Krueng, Ini Harapan AKBP Fakhrurrozi

News

Babinsa Simeulue Barat Bantu Warga Binaan Semaikan Bibit Cabe

News

Gubernur Ikut Pertemuan Virtual, Bahas Evaluasi PPKM di Luar Jawa

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!