Baca Juga: 800 Juta Pekerjaan Bakal Digantikan Robot, Pemerintah Harus Antisipasi
Berikut adalah 10 skill atau keterampilan teratas yang harus Anda fokuskan di tempat kerja saat ini, untuk memastikan karir Anda tidak digeser robot di masa depan. Namun ingat tidak ada jaminan, mengingat kemajuan pesat teknologi.
1. Berpikir Kritis
Kita dibanjiri dengan beragam informasi dan data di dunia, tetapi individu dengan kemampuan untuk membedakan informasi apa yang dapat dipercaya di antara campuran informasi salah yang melimpah akan sangat penting bagi keberhasilan organisasi.
Dalam dunia yang penuh kepalsuan, propaganda, dan berita hoax, perusahaan akan menghargai karyawan yang berpikiran terbuka. Akan tetapi mampu menilai kualitas informasi yang membanjiri kita setiap hari.
Ketika Anda berpikir kritis, Anda tidak hanya bersikap negatif. Artinya Anda dapat mengevaluasi informasi secara objektif, mencari tahu apakah itu kredibel, dan mencari tahu apakah itu harus dipercaya oleh suatu organisasi atau tidak.
Mengapa berpikir kritis begitu penting? Indeed.com mengatakan: seorang pemikir kritis tidak hanya mengumpulkan informasi dengan baik, tetapi mereka juga tahu bagaimana menggunakan informasi untuk menyimpulkan fakta dan hasil akhir yang penting.
“Dengan mengkonseptualisasikan hasil, pemikir kritis lebih baik dalam pemecahan masalah daripada orang-orang yang hanya menghafal informasi. Karena itu, pengusaha menghargai pemikiran kritis, terutama dalam peran di mana mempersiapkan strategi jadi sangat penting,”.
Lihat Juga: Membangun Relasi dan Berkolaborasi Jadi Skill Wajib Para Eksekutif